Bencana Kebakaran Kembali Terjadi, Kali ini Desa Rambai Kaca

Rabu, 17-Maret-2021, 22:59


RAMBAI KACA – Tak henti hentinya bencana menerpa Kabupaten Lahat. Termasuk, peristiwa kebakaran. Kali ini, Sijago merah menghanguskan satu buah rumah milik H.Matsohai (72) warga Desa Rambai Kaca Kecamatan Suakmerindu Kabupaten Lahat.

Peristiwa kebakaran itu, terjadi pada Rabu (17/03/2021) kemarin sekitar pukul 20.00 WIB. Akibat dari kejadian tersebut, satu buah rumah habis disantap sijago merah.

Dari kejadian yang ada, mengakibatkan korban harus kehilangan tempat tinggal, juga semua perabotan yang ada didalam rumah yang ditunggu oleh dua keluarga habis terbakar. Kobaran api bukan hanya membumi hanguskan seisi rumah, juga melalap satu unit motor juga ludes terbakar.

Beruntung dari kejadian ini, tidak sampai menelan korban jiwa. Akan tetapi, dari arus pendek listrik tersebut, menghabiskan semua barang barang yang milik korban. Sehingga, dari peristiwa ini, ditapsir korban mengalami kerugian sementara mencapai 250 juta.

Berdasarkan informasi yang didapat dilapangan menyebutkan, kobaran api yang menghanguskan satu buah rumah milik korban H.Matsohai ini, diduga akibat arus pendek listrik. Pasalnya, sekira jam 20.00 WIB, secara tiba tiba api membesar dan membakar seisi rumah tersebut.

Hendra (38) salah satu warga setempat menuturkan, dirinya sempat kaget melihat ada asap tebal membumbung tinggi keatas.

“Nah, saat saya keluar dari rumah melihat api sudah besar sekali. Sehingga, warga setempat pun merasa kepanikan,” imbuhnya.

Dengan seketika warga yang ada dekat lokasi kejadian berhamburan keluar, dan berusaha membantu mengeluarkan barang milik keluarga H.Matsohai, namun, api sangat cepat menyambar dan membesar.

“Panik warga, karena api saat itu dengan cepat menyambar dan membesar. Wargapun tidak bisa berbuat apa apa lagi, karena kobaran api yang sangat besar sekali,” terang Hendra dengan nada keletihan usai membantu memadamkan api.

Sementara, Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM dibincangi mengaku, berdasarkan data yang diterima dari anggotanya akibat amukan Dijago merah itu menghabiskan satu unit rumah milik korban bernama H.Matsohai warga Desa Rambai Kaca Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat.

“Dugaan sementara ini, terbakarnya rumah milik H.Matsohai akibat arus pendek listrik. Sehingga, menghanguskan satu buah rumah beserta isinya. Beruntung, tidak sampai menelan korban jiwa,” cetus Fauzan.

Untuk diketahui sambung Fauzan, kobaran api bukan hanya menghabiskan satu unit rumah saja, juga beserta perabotan dalam rumah dan satu unit sepeda motor (SPM). Mengakibatkan, korban ditafsir mengalami kerugian kurang lebih mencapai 250 juta rupiah.

Dalam proses pemadaman, saat api membesar rumah sebelah kiri dan kanan korban juga mengalami rusak, guna berupaya memadamkan kobaran api. Satdamkar Lahat Pos Jarai dibantu Armada dan personil dari Damkar Kota Pagaralam dan warga sekitar TKP.

“Alhamdulillah, Sijago merah berhasil kita jinakkan dan kendalikan sekitar pukul 21.00 WIB, sekarang masih dalam proses pendinginan, dan awalnya listrik dilokasi dipadamkan, kini sudah kembali dihidupkan lagi,” pungkas Fauzan, seraya menambahkan, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat agar dapat lebih berhati hati, terutama dimusim penghujan seperti saat ini. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater