INI PENYEBAB DAMKAR LAHAT TELAT DATANG DI KEBAKARAN PASAR BAWAH

Senin, 5-Oktober-2020, 19:40


Lahat – Kebakaran besar ditengah terik Matahari telah menghanguskan sebanyak 63 unit rumah rata dengan tanah dan 11 unit Rumah rusak berat dan ringan di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat. Minggu, 4 Oktober 2020.

Kobaran api yang belum diketahui penyebabnya ini diperkirakan menghanguskan rumah dan harta benda penduduk yang menyebabkan kehilangan material berjumlah Milyaran Rupiah ini menjadikan kesedihan mendalam bagi para korban dalam bencana ini.

Banyaknya jumlah rumah yang hangus dalam musibah ini merupakan kejadian terbesar ditahun ini,  sehingga tidak sedikit masyarakat yang menyesalkan pihak petugas terkait dalam penanganan bencana ini.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Lahat Fauzan Khoiri Denin,  AP,  MM kepada Wartawan mengklarifikasi adanya keterlambatan kadatangan mobil Pemadam Kebakaran ke lokasi bencana tersebut, bahwa  saat terjadi kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah sebelumnya juga terjadi kebakaran di Jalan Rambutan Kelurahan Pagar Agung Kecamatan Lahat.


” Sebelum kejadian kebakaran di Pasar Bawah saat itu juga tengah terjadi kebakaran di Gang rambutan Kelurahan Pagar Agung sehingga seluruh armada mobil pemadam sebanyak 4 unit dikerahkan ke lokasi kebakaran yang terjadi pukul 12.15 WIB hingga pukul 15.15 menit kami mendapat kabar ada kejadian kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah Lahat, dari 4 unit mobil pemadam kebakaran hanya tinggal satu yang masih berisi air sehingga langsung menuju ke lokasi dan 3 unit lainnya mengisi lambung karena telah terkuras untuk memadamkan api dilokasi pertama yaitu di Gang Rambutan Kelurahan Pagar Agung,”ujar Fauzan dalam Siaran Persnya.

Fauzan juga menyesalkan adanya keterlambatan mobil Damkar menuju lokasi karena ramainya kendaraan masyarakat yang menyulitkan Mobil Damkst masuk kelokasi.
“Sementara”” 3 unit mobil pemadam kebakaran mengisi lambung dengan air dan satu unit menuju ke lokasi kebakaran disaat itulah terdapat keterlambatan karena disamping lokasi yang sempit juga banyaknya kendaraan masyarakat disekitar lokasi sejingga sulit untuk mengurai jalannya mobil pemadam kebakaran menuju ke lokasi, bahkan petugaspun kesulitan untuk langsung dapat menyemburkan air, hal ini disebabkan oleh banyaknya warga yang mengambil fungsi tugas dari pemadam kebakaran.

Masih kata Fauzan, ntuk itu kepada masyarakat Kabupaten Lahat apabila terjadi kebakaran agar segera menghubungi petugas Damkar, dan berikan jalan untuk mobil Damkar hingga kelokasi kejadian serta percayakan kepada kami untuk mengoperasikan penyemprotan terhadap api,”tegasnya.
(adE)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater