Salurkan Bantuan Langsung Tunai, Kades Muara Temiang Tegaskan Ini

Selasa, 13-Juni-2023, 17:23


Lahatonline.com, Muara Temiang – Pemerintah Desa Muara Temiang Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Sumsel pada sore hari ini pukul 16.00 WIB menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap Pertama di tahun 2023, penyaluran BLT ini berlangsung di Kantor desa Muara Temiang dan disaksikan langsung oleh pihak Kecamatan Merapi Barat.

Dikonfirmasi Media ini, Sefta Hariyanto Kepala Desa Muara Temiang menuturkan, pada tahun 2023 ini, sebanyak 48 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahun anggaran 2023.

“Hari ini kita menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dana desa tahun 2023 tahap pertama yaitu dari Januari hingga Maret, dimana penerima tahun ini sebanyak 48 orang” terang Kades, Selasa, 13/06/23.

Dijelaskan Kepala desa, mengapa ditahun 2023 ini hanya 48 orang tidak seperti tahun sebelumnya, hal ini adalah sesuai kriteria dan ketentuan dari pemerintah pusat yaitu pengentasan kemiskinan.

“Kalau ditahun-tahun sebelumnya, penerima BLT ini adalah warga yang terdampak Covid, tapi ditahun ini berbeda yaitu pengentasan kemiskinan, karena covid sudah tidak ada lagi” bebernya.

Dimana, lanjutnya lagi, penerima BLT tahun ini adalah warga yang ekonominya lemah, menderita sakit menahun, adanya tanggungan beban hidup serta lansia yang masih mengais(mencari) rezeki.

“Maka dari itu, agar yang menerima BLT tahun ini dapat menjelaskan kepada warga yang tidak lagi menerima BLT supaya disampaikan apa yang kami terangkan tadi, dan kami pertegas kembali, ke 48 KPM tersebut adalah ketetapan bersama hasil Musyawarah desa khusus, jadi bukan kami (kades) yang menunjuk atau memilihnya” tegasnya lagi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Merapi Barat Melalui Anton Akbar selaku Kasi Ekobang Merapi Barat.

Dibeberkan Anton, hal tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023 serta Inpres No 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

“Oleh karena itu, apa yang disampaikan kades adalah benar, dulu yang menerima BLT karena dampak Covid, kalau sekarang untuk pengentasan kemiskinan” kata Anton.

Anton berharap dana BLT yang telah diberikan agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater