Cik Ujang Minta Poktan Jaga dan Rawat Bantuan Kementan

Selasa, 7-September-2021, 18:20


LAHAT — Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan kepada kelompok tani (Poktan), yang menerima bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk dapat menjaga dan merawat bantuan yang ada.

“Jangan umurnya belum setahun sudah rusak. Oleh karenanya, saya minta pelajari, rawat dan jaga sebaik baik mungkin, mengingat bantuan ini gunanya untuk peningkatan Produksi para petani,” pesan Bupati Lahat saat menyampaikan sambutan dan penjelasan kepada Poktan ketika menyerahkan bantuan alat pertanian (Alsintan) dikantor Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lahat, pada Selasa (07/09/2021) kemarin.

Intinya, sambung Cik Ujang, dirinya mempersilakan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI ini, dipinjamkan oleh sesama petani, akan tetapi, harus dijaga dan bertanggungjawab.

“Yang terpenting dirawat, dan apabila ada kerusakan diperbaiki, jangan pinjam saja. Namun, tidak ada tanggungjawab,” ingat Cik Ujang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lahat Eti Lustina SP MM menyampaikan, bantuan dari Kementan ini untuk Kelompok Tani di Kabupaten Lahat.

Mantan Kabag Umum Pemkab Lahat ini menjelaskan, bantuan dari Kementan tersebut, berupa tujuh (7) Perontok Padi, satu (1) unit Alat Tanam Padi, dan satu (1) unit Bentor.

“Jadi, total seluruhnya ada sembilan (9) unit bantuan dari Kementan bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian dengan sistem jajar legowo, diharapkan dengan mengaplikasikan bantuan ini bisa mencapai target produksi padi mencapai 5,1 Ton Perbulan dengan luas tanam di Kabupaten Lahat saat ini mencapai 2470 Hektar,” kata Eti dengan lantang.

Untuk ketujuh mesin perontok padi, diungkapkan Eti, diperuntukan Poktan Suka Tani Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat, Poktan Maju Karya Desa Muara Gelumpai Kecamatan Muara Payang, Poktan Mekar Jaya Desa Talang Berangin Kecamatan Mulak Sebingkai, Poktan Tunas Mekar Desa Lubuk Betung Kecamatan Merapi Selatan dan Poktan Harapan Makmur Desa Rimba Sujud Kecamatan Pagar Gunung.

“Sedangkan, untuk tanam padi diperuntukkan Poktan Bangkit Desa Pagardin Kecamatan Kikim Selatan dan satu unit kendaraan Bentor untuk Poktan Djanage Desa Tertap Kecamatan Jarai,” ulasnya.

Sedangkan, Herdi penerima bantuan Kementan kelompok tani desa Lubuk Betung adanya bantuan dari Kementan ini tentu saja sangat membantu para petani di desa dalam meningkatkan hasil produksi padi kedepan.

“Alhamdulillah, bantuan ini sesuai dengan pesan dari Bupati Lahat dan Dinas dijaga dan dirawat. Tentu akan kami jaga sebaik baik mungkin, kami dengan PPL untuk terus mendampingi para petani dalam meningkatkan produksi padi,” terang Herdi. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater