DI BULAN SEPTEMBER, PROGRAM REPLENTING LUAS 800 Ha, BARU DUA KUD YANG MENGUSULKAN

Selasa, 7-September-2021, 13:48


LAHAT, – Hingga bulan September 2021 ini, program Replanting atau program peremajaan kelapa sawit masih sebatas usulan. Bahkan baru 2 Koperasi Unit Desa (KUD) yang mengusulkan untuk memperoleh bantuan program ini.

Sedangkan pada tahun 2020 lalu, program Replanting hanya terserap 300 hektar lebih dari alokasi lahan perkebunan rakyat seluas 1400 hektar lebih.

Kadin Perkebunan Vivi Angraini, S.TP, S.Mi melalui Kabid Kelembagaan dan Penyuluhan Dinas Perkebunan, Engkos Kosasih menjelaskan, pada tahun 2020 lalu hanya 2 KUD yang terealisasi melalui program trans planting ini, yakni KUD Swakarya Bakti, Desa Purbamas Kecamatan Kikim tengah, Lahat, seluas 107 hektar dan KUD Tambak Jaya, di Desa Linggar Jaya seluas 197, 79 hektar, Selasa, (07/09/21)

“Jadi totalnya lebih kurang 300 hektar yang sudah terealisasi. Namun untuk tahun 2021 ini baru 2 KUD yang mengusulkannya ke pusat,” jelasnya.

Dia menambahkan, program Replanting ini merupakan program pemerintah pusat dari Kementerian Keuangan RI, yang pendanaannya berasal dari dana sisihan ekspor CPO.

“Pengajuannya pun melalui usulan aplikasi online ke ke Badan Pengelolaan Dana Kelapa Sawit (BPDPKS). Pencairannya pun melalui Bank Sumsel, yang kemudian masuke ke rekening petani sawit tanpa ada persetujuan dari pihak lain dalam proses pencairannya. Jadi bukan berasal dari pendanaan APBD Lahat,” tukasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk alokasi pendanaan peremajaan kelapa sawit ini, masing – masing kepala keluarga maksimal hanya dapat mengajukan 4 hektar, untuk 1 hektarnya alokasinya sebesar Rp. 30 juta, itu pun lahan yang sudah tertanam kelapa sawit yang ingin diremajakan.

“Tahun 2020 kemarin alokasinya pendanaannya mencapai Rp 25 juta, namun tahun ini naik menjadi Rp 30 juta. Teknis peremajaannya semua batang kelapa sawit dicabut dari akarnya, kemudian ditanam bibit yang baru,” tambahnya, seraya menyampaikan jika tahun 2021 ini, tersedia alokasi lahan peremajaan perkebunan sawit rakyat seluas 800 hektar. (Benz Tahrim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater