POKTAN SEPAKAT 1 TANJUNG PAYANG TERAPKAN PROGRAM PADI SEHAT TANGKAL HAMA

Rabu, 10-Oktober-2018, 20:01


LAHAT – Kelompok Pertanian (Poktan) Sepakat 1, Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat mulai menerapkan program Padi Sehat Tangkal Hama.

Di lahan seluas 25 ha tersebut, dibina pihak Dinas Pertanian Lahat sebagai denpam porgan padi sehat. Seperti penanaman sistem jajar legowo, pupuk organik dan lainnya. Selain itu juga penerapan tanaman refugia sebagai penangkal hama.

Kepala Dinas Pertanian Lahat, Agustia Budiman melalui Kabid Tanaman Pangan Firdaus ST mengungkapkan bahwa tanaman refugia ini selain mempercantik sawah juga sebagai pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

“Di daerah lain di Sumsel sudah diterapkan. Saat ini coba di Poktan Sepakat 1 Desa Tanjung Payang,” ungkap Firdaus, Rabu (10/10), saat panen perdana progam Padi Sehat di Desa Tanjung Payang.

Beragam tanaman refugia seperti bunga Matahari, Tapak Dara, Tanaman Kenikir, dan Bunga Kertas. Adanya tanaman refugia, menjadi mikrohabitat OPT dan predator alami.

“Istilahnya OPT padi dibasmi oleh predator alami yang datang ke sawah,” ungkapnya.

Sementara program Padi Sehat yang dilaksankan hasilnya cukup baik. OPT yang ada kini berkurang.

Sementara Tambadin (43), petani yang sawahnya mulai ditanami tanaman refugia mengaku memang ada pengaruh. Kepik, pianggang dan serangga penggangu jadi berkurang mengganggu tanaman padi.

“Karena dengan adanya bunga – bunga ini, banyak tawon, lebah dan kumbang yang hinggap. Mungkin hama tadi dibunuhnya,” ujar Tambadin.

Kedepan dirinya bakal memperbanyak tanaman refugia di pinggiran sawah. Selain mempercantik, juga mengurangi ham. Sementara untuk panen bulan ini cukup lumayan.

“Memang untuk kendala hama dan pupuk tidka beepengaruh. Tapi musim kemarau air tak terlalu banyak. Walau sawah irigasi, air kan dari sungai dan saat ini sungai lematang surut,” tukasnya.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater