MENANG GUGATAN PTUN, PERANGKAT DESA DANAU BELIDANG TIDAK DI AKTIFKAN PADA JABATANNYA 

Sabtu, 22-Juni-2024, 16:01


DANAU BELIDANG — Mantan perangkat desa Danau Belidang kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat memenangi gugatan di PTUN Palembang hingga di tingkat Banding melawan kepala desa Danau Belidang Ektrawansyah. Mereka menggugat terkait pemberhentian mereka sebagai perangkat desa.

Dengan kemenangan tersebut, mereka mendesak kepala desa terkait mengangkat mereka kembali menjadi perangkat desa. salah seorang mantan Perangkat Desa Danau Belidang yang tak mau di sebutkan namanya, mengatakan dia dan delapan perangkat desa lain di Desa Danau Belidang diberhentikan secara hormat oleh kepala desa Danau Belidang tertanggal 14 Februari 2022.

Pemberhentian perangkat desa itu tertuang dalam Keputusan Kepala Desa Danau Belidang Nomor:140/15/SK/KD/DB/2022 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa Danau Belidang Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat tanggal 14 Februari 2022.

“Tidak hanya saya yang diberhentikan, ada 8 perangkat desa lain yang juga diberhentikan, total 9 orang. Kemudian saya dan rekan lain menggugat kepala desa ke PTUN dan kami menang,” ungkap salah seorang eks perangkat Desa yang tidak mau di sebutkan namanya kepada wartawan media lahatonline.com, Sabtu (22/06/2024).

Dijelaskannya, Ia beserta eks perangkat desa yang lain menggugat kepala desa karena keberatan atas pemberhentian dirinya sebagai perangkat desa. Menurut dia, pemberhentian mereka sebagai perangkat desa cacat hukum dan terbukti di sidang PTUN mereka memenagkan gugatan.

“Di pengadilan itu kami menang bahkan sampai tingkat banding kami juga menang. Dalam putusan pengadilan itu, jelas menyebutkan kepala desa agar mencabut surat keputusan pemberhentian dan mengangkat kami sebagai perangkat desa lagi. Saya berharap saya bisa bekerja lagi sebagai perangkat desa,” ujarnya yang tetap tak mau di sebutkan namanya.

Menurutnya, berdasarkan putusan hakim PTUN Nomor: 204/G/2022/PTUN.PLG pada hari Selasa tanggal 20 September 2022, amar putusan mengadili dalam eksepsi menyatakan eksepsi tergugat II intervensi tidak di terima. Dalam pokok perkara:

1.mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya.

2.menyatakan batal keputusan kepala desa Danau Belidang kecamatan Mulak Sebingkai kabupaten Lahat Nomor: 140/15/SK/KD/DB/2022 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa Danau Belidang kecamatan Mulak Sebingkai kabupaten Lahat tanggal 14 Februari 2022 sebagaimana lampirannya atas nama wendi Jabatan Kaur Keuangan.

3.Mewajibkan Tergugat untuk mencabut Keputusan Kepala Desa Danau Belidang Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat Nomor:140/15/SK/KD/DB/2022 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa Danau Belidang kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat tanggal 14 Februari 2022 sebagaimana lampirannya atas nama wendi jabatan kaur keuangan digantikan oleh Deka Putrawan.

4.Mewajibkan kepada tergugat untuk merehabilitasi kedudukan, harkat, dan martabat penggugat kepada posisi semula sebagai perangkat desa Danau Belidang kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

5.Menghukum Tergugat dan tergugat II intervensi untuk membayar biaya perkara secara tanggung renteng sebesar Rp.658.000′- (Enam Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Rupiah).

Kepala Desa Danau Belidang, Ektrawansyah saat dimintai konfirmasi wartawan lahatonline.com terkait hasil putusan PTUN atas perkara Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa tersebut terkesan enggan memberikan keterangan. hingga berita ini di tayangkan belum ada keterangan resmi yang di sampaikan kepala Desa Danau Belidang.

Berdasarkan informasi terakhir di dapat, pasca keluarnya putusan PTUN belum ada tindaklanjut dari kepala Desa Danau Belidang.
para penggugat yang tak lain perangkat desa, tetap tidak di aktifkan pada jabatannya sebagai perangkat desa.

Caplin

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater