Adinda Tiara Putri, “Anak Desa” Dapat Beasiswa SMA Negeri Sumatera Selatan Sampai di Undang PJ Bupati Lahat 

Jumat, 21-Juni-2024, 20:24


Pagar Gunung – Kisah inspiratif datang dari Adinda Tiara Putri, salah seorang pelajar SMP Negeri 2 Gunung yang berhasil meraih beasiswa di SMA Negeri Palembang melalui jalur prestasi. “Anak Desa” asli Pagar Gunung itu rela jauh dari orang tua dan tinggal seorang diri di rumah peninggalan kakeknya, supaya tidak putus sekolah. Orang tua Adinda memutuskan untuk merantau ke Palembang dan bekerja sebagai karyawan di toko foto copy.

Semangat Adinda dalam menempuh pendidikan bukan hanya omongan belaka, dengan tekat yang kuat, Adinda mampu membuktikan kepada orang tuanya bahwa ia mampu memperebutkan kuota beasiswa melalui jalur prestasi yang ada di SMA Negeri Sumatera Selatan. Hal itu membuat Adinda diundang ke Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat dan berkesempatan berbicara langsung dengan PJ Bupati Lahat Muhammad Farid meski hanya melalui video call. Karena saat diundang, Adinda sudah berada di Palembang.

Tidak banyak yang disampaikan Adinda saat video call. Adinda hanya menyampaikan rasa terima kasih karena telah diundang oleh PJ Bupati Lahat ke Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat. Suatu kehormatan baginya dapat diundang oleh orang nomor satu di Bumi Seganti Setungguan saat ini.

“Maaf bapak, Adinda tidak bisa hadiri undangan bapak Bupati karena saat ini Adinda sudah berada di Palembang. Namun Adinda akan berjuang dan berusaha untuk tidak mengecewakan orang tua, sekolah dan Pemkab Lahat. Adinda akan memanfaatkan beasiswa di SMA Negeri Sumatera Selatan dengan sebaik-baiknya,” sampai Adinda dalam video call bersama PJ Bupati Lahat.

Putri dari pasangan Nizarudin dan Sri Ayuni pernah meraih juara I Olimpiade Sains Nasional kategori Ilmu Pengetahuan Umum (IPA) jenjang SMP tingkat Kabupaten Lahat. Kejuaraan itu jadi sejarah kali pertamanya siswi SMPN 2 Pagar Gunung mengukir prestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2023 tingkat kabupaten. Selain itu, Adinda juga salah satu peserta yang mewakili Kabupaten Lahat dalam kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi tahun 2023.

Kepala SMP Negeri 2 Pagar Gunung Yudi Markos SPd MM membenarkan bahwa tiga tahun siswi tersebut tinggal sendiri di rumah peninggalan kakeknya. Kedua orang tua Adinda merantau ke Kota Palembang untuk mencari nafkah dengan bekerja di toko foto copy. Adinda tidak mau ikut orang tuanya karena takut putus sekolah.

Namun semangat belajar yang dimiliki Adinda sangat tinggi, meski ia harus tinggal sendirian di desa. Dalam kesehariannya di desa, Adinda dibantu oleh pihak sekolah, guru dan teman-temannya. “Sekolah pernah melakukan bedah rumah kecil-kecilan untuk membantu keamanan dan kenyamanan anak tersebut yang tinggal sendirian, terutamapada bagian plavon kamar tidur, kunci jendela dan pintu,” terang Yudi.

Disamping itu juga, warga sekolah selalu membantu Adinda, baik secara pribadi maupun melalui program Jum’at berbagi. Lanjut Yudi, ia pun tak menyangka realitanya, anak desa yang tinggal di desa seorang diri bisa bersaing dengan pelajar se-Sumatera Selatan khususnya hingga berhasil mendapatkan beasiswa. Yang diraih Adinda tentu mengharumkan namanya, orang tua, sekolah, kecamatan hingga Kabupaten Lahat.

“Alhamdulillah kami sangat bangga tiada terhingga. Adinda bukti bahwa anak desa dan sekolah di desa bisa maju dan berprestasi sampai dapat beasiswa di SMA Negeri Sumatera Selatan,” ungkap Yudi.

Untuk diketahui, Adinda juga menulis surat terbuka yang ditujukan kepada PJ Bupati Lahat, yang berisi cerita perjuangannya bisa lulus SMA Sumsel dan ungkapan terima kasihnya, karena kemarin tidak sempat bercerita langsung di depan PJ Bupati Lahat. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater