Satkowil 405-11 Pantau Pembukaan Kursus Banser Lanjutan SUSBALAN

Kamis, 11-Februari-2021, 23:04


PUMI -Satuan tugas komando wilayah (Satkowil) Makoramil 405-11 Tanjung Sakti PUMI Lahat, pantau pembukaan kursus Banser lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser Kabupaten Lahat.

Acara tersebut dilaksanakan pada Kamis (11/02/2021) kemarin sekitar pukul 09.30 WIB, yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Tanjung Sakti PUMi Kabupaten Lahat.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Kakanwil Kemenag Sumsel Dr.H.Muhlis Suddin SH MH, Bupati Lahat yang diwakili Pj Sekda Lahat Drs.H.Desman Irsyad M.Pi, Dandim 0405 Lahat diwakili Kapten Inf Mardiyanto, anggota DPRD Lahat Wiwin Praksi PKB, Andriansya, Eduar SH, Hj.Yunani, Kakanmenag Lahat Drs.Rusdi Djapar MM, Kakanmenag Pagaralam Winharta, Camat Tanjung Sakti PUMU Arpin SH, Camat Tanjung Sakti PUMI Teori Kurniawan S.STP.MM, Kapuskes Tanjung Sakti PUMI Elva Deswita, Ketua Yayasan Pesantren Al Ikhlas Suntoso, seluru Kades di Kecamatan Tanjung Sakti PUMU/PUMI, Pastur RD Hyginus Pratowo, Pastur Titus Gereja Tanjung Sakti, Pemadam Kebakaran, Babinsa Koramil 405-11 Tanjung Sakti Sertu Junaidi, anggota unit Intel Kodim Serka Oktori Aripin, Bhabinkamtibmas BRIPKA Yunus, dan seluru siswa/i pesantren Al Ikhlas Tanjung Sakti.

Pembukaan acara diawali dengan pembacaan Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, subbanul Wathon dan mars Ansor. Lalu, sambutan ketua PW Ansor Sumsel Ahmad Zarkasih S.Hi MM, sambutan ketua PC Ansor Lahat, Ahmad Syahri Kurnianto S.Hi, sambutan Bupati Lahat yang diwakili Pj Sekda Lahat sekaligus membuka kursus Banser lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser Lahat ditandai dengan pemukulan Gong, penyematan Jaket Kehormatan, Tausia, doa penutup.

Sambutan Ketua Yayasan Pesantren Al Ikhlas KH.Santoso menyampaikan, ucapan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara pembukaan kursus Banser lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser Kabupaten Lahat, dipondok pesantren Al Ikhlas Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat.

“LAHAT Sumsel secara pribadi dan selaku Ketua Yayasan Pesantren Al Ikhlas siap mendukung mensukseskan program Pemkab Lahat serta mensukseskan kegiatan kursus Banser lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Sedangkan, pimpinan wilayah Ansor Sumsel Ahmad Zarkasi SHI.MM mengatakan, untuk diketahui GP Ansor Sumsel merupakan GP Ansor terbaik se Sumsel, bahkan menjadi kebanggaan bagi masyarakat se Sumsel.

Ia mengungkapkan, dengan semangatnya pemuda Ansor Sumsel ini, perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa GP Ansor (Banser) tidak digaji oleh Pemerintah, akan tetapi didalam jiwanya terdapat semangat juang untuk menjaga NKRI.

Selanjutnya, sambutan dari Ketua PC Ansor Lahat Ahmad Syahri Kurnianto S.HI, dirinya banyak mendengar dikalangan masyarakat bahwa keberadaan GP Ansor (Banser). “Disini saya sampaikan bahwa GP Ansor (Banser) adalah kita semua,” teriak Ketua PC Ansor Lahat.

Terakhir ditegaskan Bupati Lahat yang disampaikan oleh Pj Sekda Lahat Drs.H.Desman Irsyad M.Pi mengucapkan terimakasih dan selamat kepada panitia atas terselenggaranya SUSBALAN 1 Banser Gerakan pemuda Ansor Kabupaten Lahat.

“Tahun 2021 ini, guna meningkatkan wawasan, dan pengetahuan dalam menegakkan Islam AhlussunnaWaljama’ah di wilayah Sumsel khusunya di Kabupaten Lahat serta mengawal kemerdekaan NKRI,” ujar Sekda Lahat.

Diharapkan, kata Irsyad, agar seluruh anggota Banser dapat selalu merenungkan kembali bagaimana seharusnya Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, Dan Bhinneka tunggal ika dapat benar – benar Fungsional dalam menumpang kehidupan Berbangsa dan Bernegara, sehingga NKRI menjadi Negara yang Berdaulatun Toyibatun warobbun ghofur.

Tidak itu saja, Sekda Lahat memintak, sesuai dengan tuntunan Nasional dan tantangan global untuk mewujudkan suatu organisai yang baik diperlukan sumber daya manusia yang memiliki konpetensi dalam penyelenggaraan organisasinya. Ini semua sambungnya, untuk menciptakan sumberdaya manusia diperkulan peningkatan profesionalisme, sikap pengabdian dan kesetiaan pada organisasi untuk perjuangan Bangsa dan Negara.

“Semangat persatuan dan kesatuan serta pengembangan wawasan anggota Banser, melalui pendidikan dan pelatihan, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari usaha pembinaan Ansor kepada Banser secara menyeluruh,” ulasnya.

Bahkan, sampai saat ini mengetahui bahwa gerakan pemuda ansor (GP Ansor) khususnya di Kabupaten Lahat telah berkembang sedemikian rupa menjadi organisasi kemasyarakatan Pemuda Indonesia yang memiliki watak Kepemudaan, Kerakyatan, Keislaman dan Kebangsaan.

“Semua ini, untuk menciptakan harapan tersebut tidaklah mudah. Oleh karna itu, kepada seluruh peserta SUSBALAN 1 Banser gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Lahat ditahun 2021 dapat betul betul mengikuti semua program Diklat dengan penuh disiplin, memiliki motivasi tinggi dan bersemangat untuk memahami, dan mendalami materi,” harap Sekda Lahat.

Penutup diterangkannya, kegiatan Kursus Banser Lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Ikhlas Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Lahat dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai tanggal 11 sampai dengan 14 Februari 2021.

“Dengan jumlah peserta Banser sebanyak 200 orang dari berbagai wilayah di Sumsel. Sekali lagi atas nama Pemkab Lahat dengan ini membuka dan meresmikan kegiatan Kursus Banser di Pesantren Al Ikhlas Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Lahat dibuka,” pungkasnya.

Sekitar pukul 12.00 WIB, acara pembukaan kursus Banser lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser Kabupaten Lahat selesai dalam keadaan aman dan kondusif.

Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Shawad Al Amien SE.M.Si melalui Danramil 405- Kapten Inf Mardiyanto menambahkan, dalam pelaksanaan pembukaan kursus Banser lanjutan (SUSBALAN) angkatan 1 Satkorcab Banser Lahat dilaksanakan di Ponpes Al Ikhlas Tanjung Sakti PUMI dihadiri sekitar 500 orang.

“Dengan tidak memenuhi protokol kesehatan. Seperti, tempat duduk yang berhimpitan, tidak menjaga jarak walupun menggunakan Masker. Seharusnya Panitia penyelenggara kegiatan tersebut, mengutamakan protokol kesehatan, dikarenakan masih Masih meningkatnya penularan Covid 19 khusunya di Sumsel,” tutupnya. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater