Festival HLHS 2024, Pemkab Lahat Berikan Edukasi Stakeholder Lingkungan Hidup 

Selasa, 2-Juli-2024, 18:19


Lahat — Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan Festival Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2024, selasa (02/07/2024) bertempat di taman Ribang Kemambang kabupaten Lahat provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Lahat Ir Agus Salman dalam laporannya mengatakan kegiatan festival hari lingkungan hidup sedunia sebagai bagian dari rangkaian aksi lingkungan hidup dari mulai tanggal 7 Mei – 02 juli 2024 dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

“Adapun yang menjadi tujuan adalah Untuk memberikan edukasi kepada stakeholder tentang kegiatan pengelolaan Lingkungan hidup, Untuk memberikan apresiasi kepada pihak-pihak baik kelompok masyarakat, badan usaha dan individu yang telah melakukan kegiatan pengelolaan Lingkungan hidup. Dapat melakukan penanaman pada lokasi tidak produktif di sekitar Taman Ribang Kemambang dan Agar masyarakat dan stakeholders lain mendapatkan informasi terkait kegiatan pengelolaan Ingkungan hidup di Kabupaten Lahat, terutama di level tapak (desa/kelurahan atau sekolah)” ungkap Agus Salman.

“Dengan sasaran terlaksananya Aksi Lingkungan berupa edukasi, apresiasi, penanaman pohon dan talk show”, ucapnya.

Sementara Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI yang di sampaikan Asisten II Bidang Ekobang M. Ichsan Fadli SIP, MM menyampaikan Perubahan iklim yang terjadi saat ini adalah bukti nyata atas ketidak bijaksanaan manusia dalam memanfaatkan alam untuk bertahan hidup, berbagai isu negatif yang muncul di masyarakat yang lebih mendominasi seperti kegiatan penambangan batubara dari dampaknya,
menyebabkan global warming sehingga mengakibatkan perubahan iklim namun aktivitas hidup kita sehari-hari seperti menggunakan kendaraan bermotor membakar sampah membuang limbah rumah tangga bukan pada tempatnya menggunakan pupuk kimia pada pertanian dan perkebunan boros penggunaan air bersih dan sebagainya Itu juga merupakan penyebab dari terjadinya perubahan iklim”, ucapnya.

“Pemerintah Kabupaten Lahat sangat serius mendukung program-program lingkungan hidup dari Kementerian lingkungan hidup dan kehutanannya dan pemerintah kabupaten Lahat mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Lahat semakin meningkatnya desa kelurahan yang ikut kampung prokim dan untuk sekolah yang dari tahun 2013 sampai 2023 itu baru 8 sekolah di Kabupaten Lahat yang ikut dalam program Adiwiyata namun Alhamdulillah pada tahun 2024 ini telah dilaksanakan sosialisasi terhadap 112 sekolah SD dan SMP atau derajat yang diharapkan pada tahun 2026 nanti akan banyak sekolah yang mengikuti program Adiwiyata”, ucapnya .

“Dalam mendukung kegiatan festival hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 yang diselenggarakan di taman Ribang Kemambang yang juga merupakan hutan kota di kabupaten Lahat kami mengajak kepada bapak ibu dan hadirin sekalian kita mulai dan memperbaiki perilaku kita terhadap lingkungan kita, lebih menyayangi bumi, selain itu hari ini kita melakukan kegiatan penanaman pohon buah sebagai upaya kita menjaga bumi dan menumbuhkan kembali ekosistem untuk kita untuk generasi kita”, ucapnya yang juga membuka kegiatan.

Dalam kegiatan tersebut di ikuti dari kepala OPD, Camat, Lurah, kades dan perwakilan pihak perusahaan tambang serta desa lokasi verifikasi proklim yang di kegiatan tersebut juga mengundang narasumber Talkshow Heny Puspita Rokhwani, S.T., M.K.M., Penyuluh Madya dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, dan. Athur Daniel Sinaga, S.PI., M.Si, Pengendali Ekosistem Hulan Muda dari Balai Pengendalian Perubahan Ikim Wilayah Sumatera. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater