Kasat Pol-PP, Damkar dan Kadis Kominfo Lahat Himbau Waspada Kebakaran

Sabtu, 29-Juni-2024, 22:34


LAHAT – Peristiwa kebakaran rumah, lahan yang sering terjadi di Lingkungan masyarakat belakangan ini, menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat. Sehingga, dihimbau warga agar dapat mencegah api sedini mungkin, agar dapat menghindar dari “Amukan Sijago Merah”.

“Dugaan penyebab kebakaran yang kerap terjadi ditengah-tengah masyarakat, dikarenakan acap kali mengesampingkan standar pemakaian alat-alat kelistrikan,” ungkap Pj Bupati Lahat Muhammad Farid S.STP, M,Si didampingi Kasat Pol-PP, Damkar Herry Kurniawan S.STP, M,Si, melalui Kadis Kominfo Lahat Eri Lestiana SP, MM, pada Sabtu (29/6/2024).

Pentingnya himbauan akan potensi kebakaran yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Lahat, diakui Eti, agar masyarakat dapat lebih meningkatkan lagi kewaspadaan terhadap amukan Sijago merah ini. Selain, merugikan materil juga dapat mengancam keselamatan jiwa.

“Untuk itu, pencegahan kebakaran harus dimulai dari lingkungan terkecil, yakni rumah tangga. “Penggunaan peralatan listrik yang berlebihan, pemasangan instalasi yang tidak sesuai standar, serta kelalaian dalam penggunaan api terbuka adalah faktor-faktor utama penyebab kebakaran rumah,” ujarnya. Ia menyarankan agar masyarakat rutin memeriksa kondisi instalasi listrik yang sudah tua.

Ditambahkan Herry, dalam menghadapi potensi kebakaran, Herry mengajak masyarakat untuk berperan aktif dan bekerja sama dengan pihak berwenang. “Kami menyediakan layanan pengaduan dan respons cepat jika terjadi kebakaran. Jangan ragu untuk melaporkan jika melihat tanda-tanda awal kebakaran,” himbau mantan Kabag Humas Pemkab Lahat.

Sehingga, dengan adanya himbauan ini, dikatakan Herry, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menghindari bencana kebakaran. Kesadaran dan kewaspadaan semua pihak sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan jiwa.

“Kami minta untuk selalu waspada atas potensi kebakaran setiap meninggalkan rumah. Pastikan alat-alat elektronik dalam posisi mati dan ditempatkan posisi aman. Lalu, alat-alat masak seperti kompor juga harus benar-benar mati,” pesan Kasat Pol-PP. (D1N)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater