DLH Kabupaten Lahat Apresiasi Peluncuran Eco Enzyme Yayasan Tarakanita Lahat 

Rabu, 5-Juni-2024, 20:15


Lahat — Peringatan Hari lingkungan hidup sedunia, Yayasan Tarakanita Lahat membuat inovasi Eco Enzyme, Eco Enzyme yaitu cairan hasil fermentasi limbah organik yang memiliki banyak manfaat untuk lingkungan, hasil pengolahan dari kulit buah dan sayuran, ditambah molase atau tetes gula merah/ gula tebu campurannya ditambah juga air dengan perbandingan 1, 3, 10. Ini upaya untuk pengolahan limbah organik, hal ini di sampaikan ketua pelaksana kegiatan Paulus Wargito S.Pd.

“Berbagai macam manfaat Eco Enzyme diantaranya untuk pemurnian udara tadi kita lakukan penyemprotan udara kemudian pemurnian air yang di tuangan ke aliran air seperti sungai “, ucapnya. Rabu (05/06/2024)

“Dengan penuangan ke air untuk pemurnian air harapannya nanti ada mikroba mikroba baik yang nanti akan memperbaiki kualitas air yang nanti akan mengalir ke sungai, selain itu kami juga memanfaatkan limbah/sampah rumah yang dibuat berbagai kebutuhan untuk rumah tangga bisa untuk ngepel cuci piring dan itu ramah lingkungan,
” Tuturnya.

“Di peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini yayasan Tarakanita Lahat mengajak peserta didik untuk mencintai lingkungan mengajak bersama memelihara pemurnian udara dan pemurnian air”, terangnya.

Senada Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat Sr. Margriet CB, M.Pd di peringatan hari lingkungan hidup sedunia mengajak bersama mencintai dan memelihara bumi.

Peringatan hari lingkungan sedunia dengan Ikut terlibat mengupayakan mengurangi krisis iklim yang terjadi dengan mengurangi penggunaan plastik, tidak menggunakan sterofoam, kemudian mengurangi sampah kebun untuk digunakan sebagai pupuk organik, mengurangi pembakaran, juga pembakaran sampah karena kita harus tahu, sadar bahwa asap pembakaran itu juga sangat mencemari udara yang ada di sekitar kita maka sampah-sampah dari kebun kami kami upayakan untuk kami giling di buat pupuk”, ucapnya.

“Dan ini kita sosialisasikan gaungkan dari TK, SD, SMP sampai dengan SMA seluruh peserta didik, nantinya menjadi kader-kader lingkungan hidup di manapun mereka berada
jadi mulai dari sekarang kita harus mulai peduli dengan bumi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Lahat menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Tarakanita Lahat/ Santo Yosef Lahat yang membuat inovasi untuk menjaga lingkungan udara dan memelihara air yang melestarikan alam .

“Inovasi Eco Enzyme dari yayasan Tarakanita Lahat dalam melestarikan lingkungan hidup, ini merupakan langkah gerakan perubahan dan pengembangan kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan. Gerakan ini pada siswa yang meliputi pembelajaran berbasis praktek yang bermanfaat untuk semua elemen sekolah dan masyarakat terkait kelestarian menjaga lingkungan”, ucapnya.

“Semoga kegiatan ini dapat di teruskan ke lainnya sehingga kabupaten Lahat akan lebih baik yang lestari dan bersih “, ucap Ir Agus Salman.

Di kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup bersama Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat dan puluhan peserta didik /siswa Santo Yosef Lahat menuangkan Eco Enzyme ke aliran sungai untuk bersama mengajak memelihara lingkungan air . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater