Kadiskominfo Lahat Dukung Transformasi ETPD Berbagai Aspek 

Selasa, 25-Juni-2024, 19:04


LAHAT ONLINE—–Forum Smart City Nasional yang diselenggarakan di Bali dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2024. Forum yang mengusung tema “Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Emas Melalui Kota dan Kabupaten Cerdas 2024” ini menjadi ajang penting bagi pemerintah daerah untuk belajar dan berbagi pengalaman dalam membangun kota cerdas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Lahat, Eti Listiana, SP, MM yang hadir langsung di Bali dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2024 sangat mendukung transformasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Menurut Ety, di era digital yang berkembang pesat, transformasi ini sangat diperlukan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi saat ini.

“Kami menyambut baik seminar nasional dan evaluasi smart city ini. Event ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk belajar dari satu sama lain dan berbagi pengalaman dalam membangun smart city,” ungkap Eti.

Lebih lanjut, Eti menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi harus terus didorong melalui transformasi ekonomi, di mana salah satu aspek pentingnya adalah transformasi digital. Penerapan digitalisasi di Kabupaten Lahat, terutama dalam transaksi keuangan daerah, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pendapatan daerah serta pengelolaan ekonomi dan keuangan.

“Dengan adanya inisiatif ini, Kabupaten Lahat akan mempercepat implementasi digitalisasi dalam berbagai aspek, termasuk transaksi keuangan daerah, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan inklusif,” jelasnya.

Eti juga menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah melalui digitalisasi. Menurutnya, digitalisasi akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan, serta memastikan setiap transaksi dapat diaudit dengan mudah.

Forum Smart City Nasional ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Mereka berbagi pengalaman dan strategi dalam mengimplementasikan teknologi smart city untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan mengikuti forum ini, Kabupaten Lahat berharap dapat mengadopsi praktik terbaik dari daerah lain dan menerapkannya untuk mempercepat transformasi digital di wilayahnya.

Diharapkan, langkah-langkah konkret yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Lahat dalam mendigitalisasi berbagai aspek pemerintahan dapat menjadi model bagi daerah lain dan berkontribusi pada pencapaian Indonesia Emas 2024. Transformasi digital tidak hanya meningkatkan efisiensi pemerintahan, tetapi juga membuka peluang baru bagi inovasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Kadis Kominfo Lahat Eti Listiana, SP, MM menghadiri Forum Smart City Nasional. Kegiatan yang mengangkat tema ” Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Emas Melalui Kota dan Kabupaten Cerdas 2024″ diselenggarakan di Bali dari tanggal 24 sampai 27 Juni tahun 2024 mendatang.
Pada kesempatan itu, Eti Listiana mengatakan, Pemkab Lahat menyambut baik transformasi Refreshment Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Menurutnya, di era digital yang berkembang pesat, diperlukan transformasi untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi saat ini.

“Kita menyambut baik seminar nasional dan evaluasi smart city ini. Event ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk belajar dari satu sama lain dan berbagi pengalaman dalam membangun smart city,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikannya, pertumbuhan ekonomi harus terus didorong melalui transformasi ekonomi, di mana salah satu aspek penting adalah transformasi digital. Penerapan digitalisasi di Kabupaten Lahat, terutama dalam transaksi keuangan daerah, dapat memberikan dampak positif terhadap pendapatan daerah serta pengelolaan ekonomi dan keuangan, termasuk peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Dengan adanya inisiatif ini, Kabupaten Lahat akan mempercepat implementasi digitalisasi dalam berbagai aspek, termasuk transaksi keuangan daerah, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih,” tutup mantan Kadis Pertanian Lahat. (D1N)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater