Hijaunya Tanaman Hidroponik PKK Negeri Agung, Menambah Indahnya Suasana Kantor 

Selasa, 25-Juni-2024, 15:01


Lahatonline.com, Negeri Agung – Pada saat peyaluran BLT DD tahun 2024 didesa Negeri Agung, Merapi Barat hari ini, Selasa, (25/06)24) ada yang menjadi pusat perhatian wartawan media ini, sebuah bangunan tembus pandang tepat didhalaman Kantor desa, nampak begitu indah dan hijaunya tanaman Hedroponik milik PKK Desa Negeri Agung.

Disana tertulis Hdiroponik PPK “Mawar Merah” Desa Negeri Agung, Kecamatan Merapi Barat, kemudian, tak kalah menariknya, disamping bangunan nampak pemandangan yang begitu indah dengan berlatar belakang Bukit Jempol atau Bukit serelo, dibawahnya mengalir air sungai Lematang serta jembatan gantung yang menghubungkan wilayah seberang desa Negeri Agung yang dilalui oleh masyarakat.

Pewarta mencoba mengbrol santai dengan kepala desa Ruslan yang diwakilkan oleh Hartoni kepala dusun (kadus I) desa Negeri Agung.

Diungkapkan Hartono, tanaman Hidroponik tersebut dikelola oleh PKK desa Negeri Agung, diaman sudah hampir satu tahun berdiri dan lebih dari 10 kali panen sayuran Hidroponik.

“Ya, dibuat tahun 2023 lalu, kurang dari satu tahun, dan sudah 10 kali Panen,” katanya kemedia ini.

Ia juga menambahkan, sayuran Hidroponik berupa Kangkung, dan beberapa jenis sayuran lainnya tersebut ketika masa panen, dijual kepada masyarakat, sedangkan uang hasil penjualan diputarkan kembali untuk pembelian bibit atau kebutuhan tanaman.

“Kalau masih ada sisa masuk ke kas PKK,” ungkapnya.

Masih kata Hartoni, Adapun keuntungan bercocok tanam menggunakan system hidroponik ini adalah Keberhasilan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi lebih terjamin. Perawatan lebih praktis dan gangguan hama lebih terkontrol. Pemakaian pupuk lebih hemat (efisien) dan tanaman yang mati lebih mudah diganti dengan tanaman yang baru.

“Jadi sangat mudah untuk merawatnya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan halaman rumah untuk bercocok tanam sayuran Hidroponik,” tutupnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater