1.131 Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Terbentuk, Ketuanya Nasrun Aswari, Wakilnya Surya Desman 

Selasa, 4-Juni-2024, 16:54


Lahatonline.com, Lahat – Sebanyak 1.131 orang bergabung dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Lahat direkrut masing-masing 360 desa dan 17 kelurahan sebanyak 3 orang. Forum ini di ketuai H Nasrun Aswari eks Sekda Lahat dan Wakil Ketua H Surya Desman eks Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Lahat.

Selain itu forum ini juga diisi sosok Agus Salim purnawirawan TNI, dan M Nuh purnawirawan Polri dan beberapa nama tokoh masyarakat, agama dan pemuda yang tergabung.

Menurut Kaban Kesbangpol Pemkab Lahat, Raswan Ansori SE MM, bahwa pembentukan ini untuk optimalisasi peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Lahat dalam rangka pelaksanaan Pilkada 2024 yang damai.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini menyatukan persamaan persepsi, dan peka terhadap tanda tanda bahaya dan ancaman serta selalu proaktif melihat inklusif, serta memperbanyak referensi dan bacaan untuk deteksi dini,” kata H Surya Desman.

Dikatakannya, bahwa membangun dan mensukseskan Pilkada 2024 adalah peran bersama stekholder serta tokoh masyarakat, pemuka agama dan pemuda. “Mari membangun dan mensukseskan Pilkada 2024 dan optimalisasi dalam rangka Pilkada damai,” kata Raswan.

Wakil Ketua FKDM Lahat, H Surya Desman mengatakan sosialisasi ini dalam rangka mengoptimalkan Forum kewaspadaan dini masyarakat.

Diceritakannya, bahwa forum ini mulanya adalah Kominda, dan berjalan beberapa waktu, forum kewaspadaan dini terbentuk ada yang dari pemerintah daerah pimpinan Bupati sebagai Ketua Kominda dan Sekretaris Kaban Kesbangpol.

“Jadi forum kewaspadaan dini masyarakat tingkat Kabupaten Lahat, ketuanya Mantan Sekda Nasrun Aswari dan pengurusnya ada pak Agus Salim, M Nuh, dan ada juga eks Assiten 1 Pemkab Lahat serta tokoh-tokoh lainnya,” ujarnya.b

Dikatakannya, bahwa anggota FKDM terbentuk atas SK Bupati Lahat. Bahkan ini adalah peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban.

“Jadi khususnya untuk pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai, untuk cegah dini agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan jangan sampai ada provokasi yang menggangu keamanan Lahat,” ujarnya.

Dias/Zaki

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater