Perpustakaan Sekolah, Jangan Diisi Buku Paket Saja 

Selasa, 16-April-2024, 13:55


LAHAT — Salah satu kurangnya minat peserta didik untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah bisa disebabkan karena ketersediaan buku yang tidak beragam. Keberadaan perpustakaan di sekolah seringkali hanya diisi oleh buku paket alias buku mata pelajaran saja. Hal ini juga masih banyak ditemukan di sekolah jenjang SD hingga SMA di Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Lahat H Firdaus Kurniawan SE MSI, melalui Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Handra Saputra SH MM mengatakan, tidak sedikit perpustakaan sekolah yang hanya menyediakan buku berbasis mata pelajaran (buku paket). Padahal untuk meningkatkan literasi gemar membaca bagi peserta didik bisa dimulai dari menyediakan bervariasi jenis buku.

“Ini yang kadang masih salah kaprah oleh pihak sekolah. Mereka hanya mengisi perpustakaan dengan buku paket saja. Gimana siswa mau tertarik membaca atau sekedar berkunjung ke perpustakaan sekolah bila yang mereka temukan buku itu-itu lagi,” ujarnya, Selasa (16/4/2024).

Handra menuturkan, setiap satuan pendidikan sudah seharusnya menyediakan buku yang berbeda-beda, sesuai usia peserta didik di jenjang pendidikan tersebut. Selain meningkatkan literasi gemar membaca peserta didik, upaya tersebut juga bisa membantu me-refresh otak peserta didik.

“Misalnya seperti perpustakaan tingkat SD bisa juga ditambah dengan buku dongeng, legenda, cerpen, puisi atau jenis buku lainnya yang sesuai umur mereka,” terangnya.

Ditambahkan Handra, berbagai cara bisa dilakukan untuk menyediakan berbagai jenis buku di perpustakaan sekolah. Seperti melakukan kerjasama dengan Dispusip Lahat dalam refil (mengganti) buku dalam jangka waktu tertentu.

“Buku adalah jendela ilmu benar adanya. Di sekolah, perpustakaan jadi sumber ilmu terbanyak,” sampainya. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater