Tingkatkan PAD, Pemerintah Desa Karang Rejo Ternak Kambing 

Selasa, 3-Oktober-2023, 17:51


Lahatonline.com, Karang Rejo – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD), pemerintah desa Karang Rejo Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat memanfaatkan dana desa untuk pembelian hewan ternak berupa Kambing.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh kepala desa Karang Rejo Komariatun, S.Pd.I pada saat pelaksanaan Monitoring dan evaluasi dana desa tahap II tahun 2023 oleh pemerintah kecamatan Merapi Barat.

Kepala Desa Karang Rejo mengatakan realisasi dana desa tahap II desa karang rejo telah direalisasikan ke Ketahanan Pangan berupa ternak hewani yang terletak di 3 titik. Tampak kandang kambing sedang dalam tahap pembuatan.

“Untuk meningkatkan PAD serta terwujudnya kesejahteraan masyarakat, kemudian tekah melalui musyawarah desa, kami sepakat untuk melakukan ternak kambing sebanyak 28 ekor. Mudah-mudahan nanti akan berkembang biak sehingga bermanfaat bagi masyarakat desa,” terang kepala desa kemedia ini, Selasa, (03/10/23).

Masih kata kepala desa, hewan ternak tersebut masuk dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karang Rejo.

“Dikelola langsung oleh Bumdes,” katanya singkat.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Erlambang, MM., mengutarakan sangat mendukung apa yang telah direncanakan oleh pemerintah desa Karang Rejo dalam pemanfaatan dana desa. Ia beranggapan, dengan adanya program ketahanan pangan oleh pemerintah desa Karang Rejo maka tentu akan terwujudnya masyarakat yang berkecukupan.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, dan kami pikir ini sangat bagus untuk mensejahterakan masyarakat, kalau bagi hasil dalam bentuk benda agar merata dan kalau dijual sebagusnya disisihkan untuk warga desa dan ini salah satu kegiatan penghasilan berkelanjutan,” tuturnya.

Selain itu kata Camat dalam kegiatan monev ini pihaknya melibatkan kasi ekobang, pendamping desa, pendamping lokal desa, BPD serta Babinsa juga memeriksa pembangunan ditahap pertama berupa jalan cor beton usaha tani.

“Sekaligus mengecek pembanguan ditahap pertama,” tutupnya singkat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater