UHC, Tercover 96 %, Pemkab Lahat Akan Terima Penghargaan dari Presiden RI

Jumat, 4-Juni-2021, 18:32


Lahat – Bupati Lahat Cik Ujang SH akan terima penghargaan dari Presiden Republik Indonesia terkait dengan suksesnya Pemkab Lahat telah Universal Health Coverage (UHC) yang sukses mencapai 96 % . Hal ini disampaikan saat rapat Tim rekonsiliasi iuran jaminan kesehatan peserta PPU pemerintah daerah triwulan I Kabupaten Lahat tahun 2021. Bertempat di ruang Oproom Pemkab Lahat, Jumat (04/06/2021).

Tampak dalam Kegiatan PJ Sekda Lahat , asisten II, kepala KPPN Lahat, OPD, Kepala BPJS Kesehatan Lubuk Linggau, Plt kepala BPJS Kesehatan Lahat dan jajaran .

Plt Kepala BPJS Kesehatan Lahat Jerry Ardhan mengatakan landasan pengumpulan monitoring pengumpulan iuran PPU Pemda ada beberapa diantaranya Peraturan Presiden no 82 tahun 2018 Jo peraturan Presiden no 75 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan presiden no 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 900/14075/ sj tentang penyesuaian iuran jaminan kesehatan pada pemerintah daerah .

“Tujuan kegiatan melakukan kesepakatan perhitungan realisasi setoran iuran jaminan kesehatan, segmen PNS daerah, IW Pemda, Iuran kepala daerah dan ketua dan anggota DPRD, PPPK, dan PPNPN APBD yang telah di bayarkan ke kas negara dengan merujuk kepada ketentuan peraturan yang berlaku yang di tuangkan dalam berita acara rekonsiliasi,” katanya .

Masih katanya, Kemudian tercapainya komunikasi yang baik dan hubungan kemitraan yang harmonis antara BPJS kesehatan dengan pemerintah daerah sehingga menghasilkan hubungan yang berkelanjutan antara kedua belah pihak .

Dengan fokus utama kegiatan yaitu menyamakan persepsi, validasi data iuran jaminan kesehatan, melakukan perhitungan iuran dan pemutahiran data kepesertaan .

Dalam kesempatan itu disampaikannya juga
dalam mengurangi beban dari pegawai untuk keluarganya yang ASN, khususnya anak ke-4 dan seterusnya hanya membayar 1% dan ini bisa untuk orang tua serta Mertua.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH yang di sampaikan PJ Sekda Lahat Drs Deswan Irsyad MPdi mengatakan mendukung dengan adanya giat ini menyampaikan adanya pra rekon setiap bulan dalam kesesuaian data dari BPJS kesehatan dan instansi terkait. Serta mengucapkan terimakasih atas kemungkinan Pemkab Lahat yang akan menerima Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia terkait suksesnya Pemkab Lahat yang tercover dalam program Universal Health Coverage (UHC).

$Kepada OPD Untuk berkomitmen untuk giat ini, dan mengharapkan adanya sosialisasi dari BPJS Kesehatan dan Instansi terkait mengenai penambahan peserta dari keluarga dari anak ke-4 dan seterusnya serta orang tua dan mertua,” katanya .

Terpisah Harry Nurdiansyah Kepala BPJS Kesehatan cabang Lubuk Linggau terkait penghargaan dari Presiden RI yang akan di terima Pemkab Lahat kepada awak media mengatakan Sebelumnya ada pertemuan dari 4 Kementrian yaitu Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Kemenko PMK dan mengundang seluruh Kabupaten /kota di Sumsel, dan dari 17 kab/kota se-Sumsel tersebut ada 6 kab/kota yang sudah pencapaian kepesertaan program JKN-KIS ini yang salah satunya kabupaten Lahat yang sudah pencapaian 96% yang artinya penduduknya sudah tercover JKN-KIS .

” Nah ini lah yang kita dorong dari BPJS Kesehatan bersama kementrian dalam negeri agar pemerintah daerah kab/ kota yang berkomitmen dan konsisten menganggarkan dalam hal pembiayaan masyarakatnya di berikan apresiasi /reward, insyaallah pelaksanaannya di tahun ini,” katanya . (EY)

.

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater