EMPAT DESA DIWILAYAH PAGAR GUNUNG, IKUTI PELATIHAN SDGS, INI KATA CAMAT MARLES YUNIARDI

Selasa, 25-Mei-2021, 11:38



PAGUN – Pembekalan Relawan kelompok Kerja(Pokja) pendataan Sustuinable Development Goals (SDGs) tahun 2021. yang dilaksanakan di Kantor Camat Pagar Gunung, Selasa, (25/05/21)
Kegiatan ini dihadiri Camat Pagar Gunung Marles Yuniardi SKom MM dan Tim Ahli dari Provinsi sebagai nara sumber.

Acara Pelatihan secara resmi dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pagar Gunung yang diikuti oleh Desa Padang, Tanjung Agung, Lesung Batu dan Desa Penantian. Acra dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Sambutan sekaligus Membuka Acara oleh Camat Pagar Gunung Marles Yuniardi SKom MM ditutup dengan Do’a, setelah acara pembukaan ini dilanjutkan pelatihan masing-masing Desa ditempat yang telah ditentukan.

Acara dibuka secara resmi oleh Camat Pagar Gunung Marles Yuniardi SKom MM Dalam Sambutan Pembukaan Pembekalan Pokja Relawan untuk Data SDGs Desa dan Pengingkaran Kualitas Indek Desa Membangun (IDM) Tahun 2021.

Camat Pagar Gunung, Marles Yuniardi SKom MM menjelaskan “ SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021,dalam pendataan nanti jangan ada yang tertinggal mulai dari bayi sampai tua, data pemutahiran ini dilakukan dengan sebenarnya jangan nembak pucuk kudo, harus sesuai keadaan lapangan . “ ujarnya

“sangat mengharapkan agar Pokja Relawan Pendataan benar-benar serius mengikuti materi yang disampaikan oleh Narasumber, sehingga dapat dipahami dan mampu mengaplikasikan dilapangan sesuai tugas yang diemban masing-masing peserta dengan melakukan pendataan langsung kesemua rumah warga masyarakat yang ada di Desa agar data yang diperoleh dapat disajikan sesuai harapan dan bermanfaat sesuai Harapan” Pungkasnya.

Untuk penugasan dan penunjukan kelompok kerja relawan pendataan desa merujuk pada peraturan menteri desa PDTT No. 21 Tahun 2020 tentang POKJA relawan pendataan desa yang telah diterbitkan Surat Keputusan (SK).

Adapun materi pelatihan Pendataan SDGs Desa 2021 disampaikan oleh tenaga Ahli Provinsi sebagai narasumber baik dari Data Desa disampaikan oleh Pendamping Profesional, Panduan Entry data survey. selanjutnya Mekanisme Pendataan SDGs Desa 2021 disampaikan oleh Pihak Kecamatan. Terkait Implementasi Aplikasi SDGs Desa dalam Pendataan dan survei yang akan dilakukan oleh tim pokja mencakup survei atau pendataan pada level desa, pendataan pada level rukun tetangga (RT) atau Dusun, pendataan pada level warga atau Individu dan pendataan pada level keluarga.

Dalam pantauan media, kegiatan ini tetap mematuhi Pertokol Kesehatan dan Relawan diberikan materi dan bekal sehingga pendataan yang menggunakan Aplikasi SDGs berjalan lancar.

SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa (Benz Tahrim)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater