PERUSAHAN DI KIKIM AREA HARUS LAKSANAKAN PROGRAM CSR DENGAN TERBUKA DAN TEPAT SASARAN

Selasa, 15-Oktober-2019, 14:17


LAHATONLINE, Bungamas – Pemuda Kikim Area ical meminta agar seluruh perusahaan seperti PT Lonsum PT medco dan PT lainya yang berada diwilayah kecamatan Kikim Timur dapat melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) dengan terbuka dan tepat sasaran. Seperti diketahui, program CSR menjadi tanggung jawab seluruh perusahaan yang sudah diatur dalam UU No 40/2007 dan PP No 47/2012.

“Setiap perusahaan yang memiliki daerah operasional di lingkungan masyarakat setempat, harus punya kepedulihan dalam penyaluran program CSR. Karena mengenai CSR ini sudah diatur dalam undang undang yang mengatur tentang perusahaan perseroan terbatas. CSR ini menjadi penting dalam rangka turut mensejahterakan masyarakat sekitar perusahaan,” tegasnya. Senin (14/10).

Menurutnya, CSR sebagai solusi yang tepat untuk mengindari gejolak sosial masyarakat. Ia lalu mencontohkan, sering terjadinya polemik pada masyarakat yang berada disekitar perusahaan terkadang dipicu lantaran kurang maksimalnya program
CRS itu kepada masyarakat sekitar.

Sementara itu camat Kikim Barat setyo sumanto SPd MM mengatakan Mengenai program CSR perusahan-perusahaan di wilayah Kikim area khususnya kikim barat seperti Perusahan kelapa sawit PT ZMZ dan PT lain yang berada wilayah kikim barat, ia menilai sejauh ini belum transparan diberikan kepada masyarakat.

“Padahal, setiap tahun perusahaan wajib mengeluarkan dana CSR untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Bentuknya bisa berupa dana segar, pelatihan-pelatihan, bantuan pengadaan pendidikan atau pembangunan sarana fisik.

Tapi sejauh ini banyak perusahaan di kikim area yang tak transparan. Misalnya dalam satu tahun berapa besar dana CSR yang dikeluarkan perusahaan sambungnya. Nah, ini harus disampaikan ke pemerintah daerah agar publik tahu,” paparnya.

Ditambahkan, sejauh ini CSR tiap-tiap perusahaan belum berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat. Perusahaan harusnya lebih transparan dalam mengelolah anggaran CSR.

“CSR itu penting sekali agar masyarakat sekitar turut menikmati hasil keuntungan yang diperoleh perusahaan. CSR juga berdampak positif untuk mengindari gejolak tuntutan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, mengenai bentuk penyaluran program CSR, pihak perusahaan bisa bekerjasama dengan aparat pemerintah di tingkat desa, kecamatan hingga pemerintah daerah.

“Jika program CSR seluruh perusahaan di Kikim Area berjalan baik, transparan dan akuntabel maka dapat tercipta hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat sekitar,” pungkasnya (Ar3).

 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater