PT BAS SITE GUMAY KEMBALI BEROPERASI

Kamis, 9-Mei-2024, 09:50


SUGIWARAS – PT BATU ALAS SELARAS ( BAS ) site Gumay Talang kembali melakukan kegiatan penambangan Batu Bara setelah sempat stop beroprasi sejak lebih kurang empat bulan yang lalu.

Setelah sebulan terakhir melakukan rekrutmen karyawan, pada hari Rabu tanggal 08 Mei 2024 PT BAS mulai kembali beroprasi. Karyawan yang lulus seleksi dan sudah tanda tangan kontrak kerja dengan sistem perjanjian kontrak waktu tertentu ( PKWT ) sudah mulai bekerja. saat ini PT BAS masih fokus perbaikan jalan areal tambang dan karyawan bekerja masih hanya satu shif ( hanya shif siang )

Kembali beroprasinya PT BAS ini tentu mendapat pro dan kontra dikalangan masyarakat Gumay Talang. Disatu sisi banyak masyarakat yang dapat kembali bekerja di prusahaan PT BAS tentunya hal ini dapat mengurangi tingkat pengangguran masyarakat kecamatan Gumay Talang khususnya. Serta usaha mikro kecil dan menengah yang ada di areal pertambangan PT BAS kembali hidup sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Gumay Talang.

” Alhamdulillah PT BAS kembali beroprasi sehingga kami bisa bekerja lagi semoga kali ini tambang batu bara PT BAS ini bisa maju dan berkembang serta tidak slow down atau tutup lagi dan semoga akan lebih banyak lagi masyarakat Gumay Talang yang bisa bekerja di PT BAS ini sehingga dapat mengurangi pengangguran diwilayah kami ” ujar Ujang Furba salah satu warga Desa Sugiwaras yang sudah kembali bekerja di perusahaan PT BAS.

Namun disisi lain dengan beroprasinya kembali PT BAS ini juga membuat kekhawatiran masyarakat Gumay Talang terhusus warga yang rumahnya berada di pinggir jalan Lintas Sumatera karena mereka mencemaskan debu yang diakibatkan karena dampak dari kegiatan hauling batu bara hasil prodksi PT BAS.

” kalau PT BAS kembali beroprasi kami khawatir akan kembali mengakibatkan polusi debu batu bara akibat kegiatan hauling PT BAS, tidak apa-apa PT BAS kembali beroprasi tapi kami minta pihak perusahaan benar-benar memperhatikan lingkungan dan harus mempunyai strategi yang jelas dan baik dalam menanggulangi limbah yang diakibatkan oleh kegiatan pertambsngan PT BAS baik di darat, diair, maupun diudara

” kata Deli warga Desa Tanjung Baru yang juga merupakan pelaku usaha perdagangan yang terletak tepat dipinggiran jalan lintas Sumatera.

Sementara itu masyarakat yang berpropesi sebagai petani yang berada tidak jauh diareal pertambangan PT BAS juga menaruh suatu harapan mereka berharap PT BAS membuatkan jalan khusus bagi para petani yang pulang pergi dari kebun yang bisa dilalui minimal oleh kendaraan roda dua agar lebih aman dan nyaman.

” amu PT BAS la ngulang lagi begerakni mintak-mintaklah dibuatkanye jalan nak kami ke kebunni. Gusur pakai Dozer atau beko PT tu mangke pacak kume kedusunni bemutur mbatak kawe atau parah dide kereh benau, udemtu amu ade jalan khusus dide kene debu kamini amu mubil PT dang liwattu ” ujar Suhul warga Desa Tanjung Baru dengan bahasa daerah, yang lokasi kebunya tidak begitu jauh dengan areal pertambangan PT BAS.

Dengan demikian semoga adanya PT BAS di Gumay Talang ini benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat Gumay Talang dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gumay Talang. ( Frengki N S )

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater