Aktifis Pemuda Lahat Ganda Taruna Soroti Ada Indikasi Politik Praktis Di Tubuh KPU Lahat 

Kamis, 16-Mei-2024, 16:41


Lahat online.com, Lahat – Aktifis Pemuda Kabupaten Lahat Tanda Taruna, S.Sos., cermati pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lahat tentang hasil akhir calon anggota Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lahat tahun 2024, dirinya mencurigai pengumuman KPU Lahat terindikasi adanya politik praktis di tubuh KPU, Kamis, (16/05/24).

Hal tersebut diungkapkannya saat media ini menyambangi kediamnnya, ia mengatakan sebanyak 120 orang terpilih menjadi calon anggota PPK, dari 120 orang tersebut sebanyak 27 orang warga Lahat melainkan dari Luar Daerah Kabupaten Lahat dan dinyatakan Lolos, tak hanya itu, ditambah 5 orang terpilih calon Panwaslu tingkat kecamatan juga warga pindahan.

Sembari mengobrol, Ganda Taruna juga menunjukkan data dukcapil yang ia dapat.

Sejak Bulan Januari hingga April tahun 2024, sebanyak 109 orang warga pindahan dari Kabupaten tetangga, 27 orang terpilih menjadi anggota PPK dan 5 orang lolos anggota panwaslu.

Ganda Taruna mempertanyakan hal tersebut mengapa bisa terjadi, padahal warga pindahan tetapi bisa terpilih, sedangkan putra asli daerah Lahat banyak yang gugur.

“Apakah hal ini hanya kebetulan saja atau ada indikasi politik praktis, ” Tanya nya?.

Pertanyaan yang dilontarkan oleh Ganda Taruna bukan tanpa suatu alasan, karena ini memasuki tahun politik, tetapi warga Kabupaten Tetangga ramai-ramai pindah ke Kabupaten Lahat.

“Seperti diarahkan pindah ke Lahat, atau memang kesadaran dari warga itu sendiri, ” Ujarnya mencurigai.

Sebagai Aktifis, Ganda Taruna berharap hal tersebut menjadi perhatian khusus dari semua pihak, baik itu tokoh agama, aparat penegak hukum (APH), tokoh pemuda, masyarakat dan tokoh agama.

“Kalau ini dibiarkan, bisa hancur demokrasi di Kabupaten Lahat ini, ” Tegasnya.

Ia tak menapik, siapapun yang terpilih menjadi kepala daerah Kabupaten Lahat nantinya, adalah pilihan rakyat dan merupakan asli putra-putri terbaik Kabupaten Lahat, oleh karena itu, proses demokrasi harus ditegakkan dengan seadil-adilnya.

“Siapa pun yang menang nanti kita dukung, tetapi proses demokrasi harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, ” Tandas Taruna mengakhiri pembicaraan.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater