Penuhi Hak Identitas Anak, TK Pertiwi Lahat Bantu Anak Didik Dapat KIA 

Jumat, 5-April-2024, 14:20


LAHAT – TK Pertiwi Lahat bantu ratusan anak didik dalam memenuhi salah satu hak anak yakni hak mendapatkan identitas, melalui Kartu Identitas Anak (KIA). Terdapat 105 berkas pengajuan pembuatan KIA, namun ada juga anak yang tidak bisa mendapatkan KIA sebab Kartu Keluarga berdomisili diluar Kabupaten Lahat.

Kepala TK Pertiwi Lahat, Lolita Fitrianj SPd AUD MM menjelaskan, pembuatan KIA merupakan kerjasama antara pihak sekolah dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat, pada bulan Februari lalu. Syarat yang dibutuhkan anak didik untuk mendapatkan KIA tidaklah sulit, mereka hanya perlu mengumpulkan beberapa berkas berupa Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Foto Anak.

“Selama ini untuk mendapatkan KIA dilakukan secara mandiri oleh masing-masing orang tua. Alhamdulillah KIA sudah mereka dapatkan, kecuali tiga orang anak yang Kartu Keluarganya berdomisili diluar Lahat,” jelas Lolita, Jumat (5/4/2024).

Pemenuhan Hak Anak terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain hak mendapatkan identitas, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk rekreasi, hak untuk mendapatkan makanan, dan hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

“Selain hak pemenuhan anak untuk mendapatkan identitas, ini juga untuk akreditasi sekolah,” ujarnya.

Lolita berencana kedepannya, akan terus memperpanjang kerjasama dengan Disdukcapil di setiap tahun ajaran baru. “Karena program ini juga bagus dan semoga dapat berkelanjutan dengan baik kedepannya. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater