Kecamatan Merapi Timur Monev Desa Gedung Agung, Ini Realisasinya 

Rabu, 20-September-2023, 11:29


Lahatonline.com, Gedung Agung – Pemerintah kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), pada pagi hari ini melakukan Monitoring dan Evaluasi dana desa tahap II tahun anggaran 2023, kegiatan Monev ini berlangsung di Kantor Desa Gedung Agung yang dipimpin langsung oleh Camat Merapi Timur Aria Pulun, SE., yang didampingi oleh Kasi Ekobang Julius, SE., kasi Pemerintahan Dodi Iskandar, staf kecamatan serta Pendamping Desa (PD) wilayah kecamatan Merapi Timur.

Tiba di kantor desa, Camat beserta rombongan disambut hangat oleh kepala desa Gedung Agung Frengki serta perangkatnya, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gedung Agung dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Dikonfirmasi media ini, Camat Merapi timur Aria Pulun mengutarakan maksud dan tujuan dirinya beserta rombongan hadir didesa tersebut, ialah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi dana desa tahap ke II tahun 2023.

“Dengan adanya monev, diharapakan pemerintah desa mengunakan dana desa ini sesuai aturan, kemudian tidak ada fiktif dalam penggunaan dana desa, dan Alhamdulillah, beberapa desa yang telah kita Monev sudah mencapai 75 % realisasinya,” kata Camat saat diwawancarai disela pelaksanaan Monev, Rabu, (20/09/23).

Lebih lanjut Aria Pulun Mengatakan, Apa bila kedepan terdapat kekurangan baik itu secara administrasi ataupun yang lainnya terkait dana desa ini, pihak kecamatan tidak akan merekomendasikan untuk pencarian dana desa ditahap berikutnya sebelum dilakukan perbaikan.

“Dan memang ini adalah tugas kami sebagai pengawasan dan pembinaan di kecamatan terhadap pemerintah desa diwilayah Merapi Timur,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Gedung Agung Frengki menyampaikan, dana desa tahap II telah direalisasikan ke pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang terletak di lingkungan II dan III, Jalan Setapak berada dilingkungan II, serta pembangunan Jembatan Penghubung antar Kampung lingkungan III dan Lingkungan IV.

“Kalau Non fisik kami juga telah merealisasikan ke honor guru ngaji, Posyandu, BLT, ketahanan Pangan, PAUD, dan KPM Stunting,” terang Kades.

Sebagai kepala desa, dirinya menyampaikan terima kasih kepada Kecamatan Merapi Timur yang telah melakukan Monev, sehingga ada pembinaan serta pengarahan supaya kedepan lebih baik serta kedepan, dengan adanya monev ini supaya lebih disiplin dalam penggunaan dana desa oleh perangkat desa.

“Tentu kami sangat berterima kasih adanya Monev, karena ini sangat bermanfaat bagi pemerintah desa Gedung Agung,” tutupnya.

Usai melakukan evaluasi administrasi di Kantor desa, tim melakukan pengecekan terhadap pembangunan fisik di lapangan.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater