Kades Suka Marga Bangun Ruang Bersalin, Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat 

Kamis, 14-September-2023, 16:31


Lahatonline.com, Suka Marga – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, pemerintah desa Suka Marga, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat membangun ruang bersalin yang letaknya berada di areal gedung Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) dusun II desa Suka Marga.

Pembangunan ruang bersalin tersebut dibiayai dari realisasi Dana Desa tahap II tahun 2023 dengan ukuran 6×2,6 Meter.

Terpantau awak media dilapangan, tampak pembangunan ruang bersalin tersebut masih dalam pengerjaan.

Kepala Desa Suka Marga Rislansyah mengatakan pada saat dilakukannya Monitoring dan Evaluasi dana desa tahap II tahun 2023 oleh pemerintah Kecamatan Merapi Barat pada pagi hari ini Kamis, (14/09/23) pukul 09.30 WIB, Pelaksanaan pembangunan ruang bersalin tersebut dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Suka Marga, sumber dana desa tahap II tahun 2023.

Pembangunan yang telah mencapai 75 persen pengerjaannya tersebut murni untuk peningkatan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat desa Suka Marga.

Rislansyah menyebutkan, dengan adanya ruang bersalin bagi ibu-ibu yang hendak melahirkan tentu akan mempermudah proses bersalin, sehingga tidak perlu ke Puskesmas.

“Pembangunan ruang bersalin ini disamping mempermudah proses bersalin, tentunya juga dapat dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan ibu hamil, pelayanan kesehatan balita, serta pelayanan kesehatan lainnya,” ujar kades.

Ditempat yang sama, Drs. Erlambang, MM., Camat Merapi Barat saat diwawancarai media ini pada pada pelaksanaan cek fisik dilapangan mengatakan pihaknya sangat mendukung dan apresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa Suka Marga dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya para ibu-ibu yang hendak melakukan persalinan (melahirkan).

Menurut Erlambang, langkah yang diambil oleh kepala desa Suka Marga sudah sangat tepat, karena pemanfaatan gedung tersebut bersentuhan dan dirasakan langsung oleh masyarakat setempat.

“Sekaligus mempermudah proses bersalin bagi ibu-ibu yang hendak melahirkan, apa lagi lokasinya sangat berdekatan langsung dengan puskesdes yang disana ada bidan desanya,” ujar camat.

Ia meminta, bila sudah beroperasi agar bangunan tersebut benar-benar dijaga.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater