Aria Pulun Camat Merapi Timur Sampaikan Ini Di Musdes RKP Desa Tanjung Lontar

Rabu, 16-Agustus-2023, 15:37


Lahatonline.com, Tanjung Lontar – Pemerintah Desa Tanjung Lontar Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat pada hari ini melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2024.

Musdes tersebut dihadiri oleh Camat Merapi Timur, Kades beserta Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur elemen tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan desa.

Aria Pulun, SE, Camat Merapi Timur mengatakan, Musdes RKP Desa dilaksanakan untuk menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan ditahun 2024 mendatang.

“Saya berpesan kepada masyarakat atau seluruh peserta musdes hari ini agar dapat menyampaikan apa yang menjadi prioritas kedepan sehingga dapat disusun dan ditetapkan untuk 2024 nanti” pesan Camat, Rabu, 16/08/23

Ia juga mengharapkan agar RKP Desa yang dihasilkan lebih berkualitas, disusun benar-benar lahir atas usulan masyarakat desa setempat, serta programnya menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kami juga berharap agar RKP Desa ini berdasar kebutuhan masyarakat untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat,” imbuhnya.

Aria Pulun menjelaskan, dalam RKP Desa berisi prioritas program dan kegiatan yang rencananya akan didanai dari berbagai sumber, dari Pendapatan Asli Desa (PADes), swadaya masyarakat desa, bantuan keuangan dari pihak ketiga, bantuan keuangan dari pemerintah daerah provinsi, daerah dan atau pusat.

“Musdes penyusunan RKP Desa ini merupakan rangkaian tahapan penyusunan RKP Desa. Kami harap sistematis dan tepat waktu, agar warga segera merasakan manfaat APBDes tahun depan,” tambahnya.

Nantinya juga dibentuk Tim Penyusun RKP Desa. Selanjutnya tim melakukan pencermatan terhadap pagu indikatif dan berbagai program yang masuk ke desa, serta melakukan pencermatan ulang pada RPJMDes.

Dilanjutkan dengan penyusunan rancangan RKP Desa dilengkapi desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DU-RKP), dan juga melakukan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) pembahasan rancangan RKP Desa.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Lontar Ujang Roni menyampaikan terima kasih kepada Camat Merapi Timur yang hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut. Menurutnya apa yang disampaikan oleh Camat adalah sebagai acuan pemerintah desa dalam menampung berbagai usulan dari setiap lapisan masyarakat.

“Saya kira benar apa yang disampaikan oleh pak camat, tentunya apa yang menjadi prioritas di tahun depan agar dapat diusulkan dan disampaikan dalam musyawarah ini” ujar Kades.

Dirinya berharap dengan adanya musdes tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater