Cerdaskan Generasi, Karang Endah Rembug Stunting 

Senin, 31-Juli-2023, 11:23


Lahatonline.com, Karang Endah – Usai Melaksanakan Pelantikan serta mengambil Sumpah Janji Jabatan perangkat desa, pemerintah desa Karang Endah Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat melakukan rembug (musyawarah) dalam menangani stunting didesa tersebut.

Pantauan media ini, dalam rembug stunting tersebut pemerintah desa Karang Endah melibatkan Camat Merapi Barat, kasi ekobang, kasi trantib, Puskesmas Merapi Barat, kades dan perangkat desa Karang Endah, BPD, penyuluhan lapangan KB, pendamping PKH, bidan desa, kader KB, KPM serta guru PAUD/ TK, pendamping desa serta pendamping lokal desa dan Babinsa, Bhabinkamtibmas setempat.

Rembug Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Karang Endah, dijelaskan Pirmansyah, kegiatan rembug stunting ialah dalam rangka mendukung program pemerintah pusat guna pengentasan stunting di Indonesia khususnya di Karang Endah Merapi Barat.

Selain itu adanya rembug stunting adalah salah satu strategi pemerintah desa Karang Endah dalam penanganan dan pencegahan stunting.

Pirmansyah berharap dengan adanya rembug stunting, tidak ada lagi balita yang terindikasi Stunting di desanya tersebut.

“Kami katakan demikian, karena didesa kami ada balita didesa kami yang terindikasi stunting, oleh karena itu, dengan adanya rembug stunting ini kami berharap permasalahan stunting didesa kami ini dapat dituntaskan” harap Pirmansyah, Senin, 31/07/23.

Pirmansyah juga meminta agar pihak puskesmas atau bidan desa dapat menyampaikan kepada para peserta rembug stunting apa saja penyebab terjadinya stunting, sehingga warganya dapat melakukan perbaikan baik itu secara pola asuh maupun asupan makanan bergizi.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Drs. Erlambang, MM melalui Kasi Ekobang Anton Akbar mengatakan, rembug stunting adalah isu nasional atau program pemerintah pusat dalam pengentasan stunting.

Oleh karena itu, melalui rembug stunting, kecamatan Merapi Barat tidak ada lagi balita yang terindikasi stunting.

“Sampaikanlah apa yang menjadi usulan dalam pengentasan stunting didesa ini, sehingga ditahun depan kades dapat menganggarkan apa saja yang menjadi kebutuhan untuk program pencegahan stunting ini” pesan Anton.

Dan mari kita tuntaskan stunting di Kecamatan Merapi Barat, dengan rembug stunting kita wujudkan generasi yang sehat, cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tandas Anton.

Terpantau awak media, kegiatan rembug stunting berlangsung di Kantor Kepala Desa Karang Endah.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater