Cegah Stunting, Pemdes Lebak Budi Rembug Bersama Unsur Terkait

Minggu, 23-Juli-2023, 00:00


Lahatonline.com, Lebak Budi – Renbug Stunting desa adalah pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat guna pengentasan stunting, hari ini, Sabtu 22 Juli 2023 pukul 15.30 WIB, pemerintah desa Lebak Budi melaksanakan rembug stunting di Gedung Serbaguna

Selain itu adanya rembug stunting adalah salah satu strategi pemerintah desa dalam penanganan dan pencegahan stunting.

Pantauan media ini, dalam rembug stunting melibatkan Camat Merapi Barat, kasi ekobang, kasi trantib, Puskesmas Merapi Barat, kades dan perangkat desa Lebak Budi, BPD, penyuluhan lapangan KB, pendamping PKH, bidan desa, kader KB, KPM serta guru PAUD/ TK, pendamping desa serta pendamping lokal desa.

Kepala desa Lebak Budi, Susi Mariani memgatakan dalam rembug stunting ini kita bermusyawarah serta mendengar usulan dari kader posyandu atau peserta rembug apa saja kebutuhan di tahun 2024 dalam pencegahan stunting ini.

“Maka dari itu sampaikanlah apa saja yang dibutuhkan ditahun 2024 mendatang dalam pencegahan stunting, sehingga dana untuk stuntingbdapat dianggarkan” kata Susi.

Dirinya menekankan kepada para kader PKK serta pihak terkait lainnya untuj bekerja sama dalam oengetasan stunting.

“Kita harapkan kerjasamanya” katanya singkat.

Ditempat yang sama, Drs. Erlambang, MM Camat Merapi Barat mengutarakan kepala desa harus menganggarkan dana stunting di tahun 2024, oleh karena itu diadakan rembug pada hari ini.

“Dan hal ini adalah program pemerintah pusat dalam pencegahan stunting disetiap daerah, sehingga setiap desa harus melakukan rembug stunting dengan tujuan isu stunting benar-benar tuntas” kata Camat.

Camat juga meminta, rembug stunting desa ini bukan hanya sekedar seremoni saja, namun benar-benar di gerakkan oleh PKK melalui pokja 4 kader Posyandu.

“Kader Posyandu benar-benar mengerti apa saja yang di butuhkan oleh anak-anak untuk kebutuhan gizi, sehingga tumbuh kembang anak dapat lebih optimal” jelas Camat.

Camat juga meminta kepada kader posyandu agar memberi sosialisasi dan himbauan terhadap para orang tua untuk mengoptimalkan cara atau pola asuh terhadap anak.

“Harus benar-benar diperhatikan apa saja yang dikonsumsi oleh anak, perbaiki pola asuh agar tembuh kembang anak dapat lebih baik” pesan Erlambang kepada para peserta rembug.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater