Ini Hasil Rembuk Stunting di Desa Cempaka Wangi

Kamis, 20-Juli-2023, 20:30


Lahat – Kegiatan Rembuk Stunting di Desa Cempaka Wangi Tahun 2023 berjalan lancar, acara dilaksanakan di Gedung Balai Posyandu Desa Campaka Wangi Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Dikatakan Kepala Desa Campaka Wangi Setio Haryadi ketika dibincangi awak media seusai acara, bahwa Stunting itu sendiri merupakan langkah penting yang dilakukan pemerintah Desa untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama. Kamis (20/7).

“Barusan kami sudah melakukan Rembuk Stunting, materi yang dibahas dalam Rembuk Stunting Desa antara lain ; penyepangkatan data konvergensi stunting desa, evaluasi kegiatan konvergensi stunting yang telah dilakukan, penyepakatan prioritas usulan program atau kegiatan intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif, Hasil rumus stunting dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani oleh perwakilan Rumah Desa Sehat (RDS),tokoh masyarakat desa, tokoh agama, adat dan pemerintah Desa, “Jelas Setyo.

Adapun Pimpinan rembuk setanting desa yaitu, Umerdi Effendi dari Ketua BPD, Sudarmi pengurus RDS, dengan Narasumber Setyo Haryadi (kades), Lili Astria (KPMl, Lan Irwansyah Abadi (Sekcam Merapi Timur dan Wanto (PLD).

Diketahui, Keputusan dan kesepakatan musyawarah desa berdasarkan hasil proses stunting maka beberapa yang menjadi keputusan dan kesepakatan seluruh peserta rapat yaitu, penyepakatan data konvergensi stunting desa. Evaluasi terhadap Kegiatan-Kegiatan yang telah dilakukan, antara lain ; Kegiatan Posyandu Balita , Kegiatan Posyandu Ibu Hamil, Penanganan Anak Stunting, pembangunan sarana Air Bersih.

Alhamdulillah, hasil dari Rembuk Stunting, menghasilkan Kesepakatan Prioritas Usulan Program/Kegiatan yang dikerjakan dari Dana Desa, seperti ;

Pelatihan Penyuluhan Kader Stunting dan Kader Posyandu

Makanan Tambahan Balita dan Anak Stunting

Kapsul dan Vitamin Anak Stunting.

Pengukur Panjang Badan dan Berat Badan.

“Pastinya saya selaku pemerintah Desa Cempaka Wangi bersama Stakeholder, terus mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat, sehingga harapan kami ke depan Desa Cempaka Wangi terbebas dari yang nama nya Stunting, sehingga selalu  sehat, nyaman, aman dan damai adalah pilihan dan kesepakatan yang terus kami Capai, “Ungkap Setio sembari mengakhiri Perbincangan.

(Ali).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater