Mengabdikan Diri Sejak 1987, Ini Ungkapan Ibu Nurmilah

Sabtu, 10-Juni-2023, 16:54


Lahatonline.com, Muara Maung – Dalam acara pelepasan siswa/ i kelas VI SDN 8 Merapi Barat tahun ajaran 2022/ 2023, sekaligus perpisahan terhadap guru yang telah memasuki masa purna bakti dan guru yang pindah tugas.

Hal yang menarik perhatian awak media, adalah ungkapan seorang guru pensiun yang telah mengabdikan dirinya sebagai tenaga pendidik selama 36 tahun di sekolah tersebut.

Berikut ungkapan Ibu Nurmilah, S.Pd yang berhasil kami rangkum.

“Sungguh berat rasanya hati ini bagi saya untuk memgucapkan kata-kata perpisahan, karena SDN 8 Merapi Barat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan saya. Sekolah ini juga merupakan rumah kedua bagi saya sejak tahun 1987, berarti saya mengabdi sudah 36 tahun di sekolah ini. Rasanya waktu 36 tahun adalah waktu yang penuh arti, banyak suka dan dukanya, bagi saya lebih banyak sukanya, karena hari-hari di SDN 8 Merapi Barat sangat menyenangkan. Penuh cinta dan suka cita, namun harus kita sadari bahwa sesuatu yang ada didunia ini tiada yang abadi, tugas, jabatan, termasuk kehidupan hajyalah sementara. Maka izinkanlah Ibu pamit dari SD Negeri 8 Merapi Barat ini, semoga Allah SWT memberkahi kita semua, Amin,”.

“Bapak ibu guru dan anak-anak yang saya banggakan, jika selama ini ada kenangan manis, mari kita ukir dilubuk hati kita masing-masing untuk menjadi kenangan yang terindah yang bisa kita kenang selama-lamanya. Namun saya menyadari, sebagai manusia biasa yang tidak luput dari salah dan dosa, mungkin banyak kenangan buruk yang masih terpendam didalam hati bapak ibu guru dan anak-anak sekalian, pada kesempatan yang sangat baik ini, isinkan saya menyampaikan pemohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada kalian semua”.

“Jika ada jarum yang patah jangan disimpan didalam peti, jika ada sesatu yang salah, jangan disimpan didalam hati. Mohon maafkan jangan tiru kata maupun prilaku saya yang membuat kalian tidak nyaman, namun jika ada sesuatu kata dan prilaku yang baik dari saya, jadikanlah sebuah pelajaran untuk dicontoh”.

“Saya dalam memberikan pendidikan pembelajaran ataupun nasihat dikelas hanyalah sedikit saja belum maksimal untuk sekolah ini, itulah kemampuan saya dan hanya itulah yang bisa saya persembahkan kepada SDN 8 Merapi Barat, walau hanya setitik semoga memiliki arti buat hikmah pencerahan dimasa yang akan datang,”

Kita semua menyadari bahwa ada pertemuan pasti ada perpisahan, ini merupakan dinamika sebuah kehidupan, semoga saja acara perpisahan ini momentum kenangan terindah, karena oertemuan dan perpisahan merupakan sebuah anugrah yang patut kita syukuri. Saya sedikit berpesan kepada anak-anakku, sebagaimana hadis nabi Muhammad SAW, tuntutlah ilmu mulai dari buaian sampai akhir hayat. Juga pribahasa yang sering kita dengar ” belajaralah sepanjang hayat”, Mari kita terus belajar, dengan belajar yang sungguh – sungguh, tekun, rajin serta tekun dimanapun berada. Karena belajar adalah sepanjang hayat. Setelah lulus dari SD, kalian harus semangat belajar tidak ada hentinya untuk mencapai apa yang kalian cita-citakan, SMP, SMA bahkan kuliah, dan ketika bekerja pun kalian harus tetap semangat belajar.

Pesan saya, jangan pernah mengecewakan atau membuat orang tua menangis, karena dalam tutur kata dari orang tua kalian selalu ada doa yang indah dan tulus untuk putra putrinya, semoga anak-anak sekalian semoga sukses dan keberhasilan Allah berikan kepada kita semua.

“Dan Ibu berharap mudah-mudahan perpisahan ini akan membawa kebaikan untuk kita masing-masing, dan tentunya tali silahturahmi yang telah terjalin erat selama ini akan terus terjaga dengan baik, mohon doanya semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua, Amin,”.

Itulah rangkaian ungkapan, harapan dan doa dari Ibu Nurmilah yang tekah memasuki purna bakti sebagai guru di sekolah dasar Negeri 8 Merapi Barat yang tekah mengabdikan dirinya selama 36 tahun sejak 1987.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater