MUSDES TEBING TINGGI SEPAKATI PRIORITAS RKPDES TAHUN 2021

Sabtu, 12-Desember-2020, 23:57


TEBING TINGGI – Bertempat di ruangan masjid kepala desa tebing tinggi bersama bpd laksanakan musyawarah desa untuk membahas rencana kerja pembangunan desa tahun anggaran 2021. Turut hadir jajaran aparatur kantor camat mulak ulu perangkat desa anggota bpd pendamping lokal desa/pld serta masyarakat setempat. Sabtu (12/12/2020).

Dalam sambutannya kepala desa tebing tinggi Maryudi Rahmat Amd mengatakan,”melalui forum musdes ini kita bersama bpd menerima aspirasi masyarakat langsung terkait pembangunan desa dengan mempertimbangkan azas prioritas berbasis manpaat dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian usulan yang masuk kita tampung untuk di sepakati bersama, untuk di tuangkan kedalam rencana kerja pembangunan desa/rkpdes tahun 2021.

Masih menurut Maryudi, Dampak dari bencana nasional dengan adanya pandemi covid19/virus corona ada beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur desa yang belum dapat di realisasikan di tahun 2020. Seperti pembangunan pematang tebat dan jalan usaha tani. Karena pemerintah pusat melalui kemendes mengeluarkan kebijakan berupa skema bansos yang kita sebut bantuan langsung tunai dana desa/blt dd. Sebagian anggaran di prioritaskan ke blt dana desa. inilah faktor mendasar paket pekerjaan bulum dapat di realisasikan”terangnya.

Salah satu warga peserta musdes Elpahmi mengatakan, “mengingat beberapa paket pekerjaan untuk tahun 2020 tidak dapat di realisasikan dampak pandemi covid, saya usul paket pekerjaan tersebut di lanjutkan pembangunannya di tahun 2021 mengingat ini termasuk skala prioritas dan telah di sepakati di forum musdes tahun sebelumnya.

Sementara di tempat terpisah Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti s.stp.mm ketika di konfirmasi mengatakan, “musdes forum tertinggi di desa untuk menampung aspirasi kemudian di bahas bersama untuk menentukan prioritas rencana pembangunan di desa.

Setelah disepakati kepala desa bersama bpd menetapkan rencana kerja pembangunan desa/rkpdes untuk tahun 2021. di harapkan pembangunan desa benar-benar melihat azas kemanpaatan keberlanjutan yang berorientasi pada kesejahteraan warga desa. Dapat mendorong peningkatan ekonomi lokal yang di dukung infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang baik/good govermant.

Lebih lanjut Elsye mengatakan, “sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan diminta kepada pemerintah desa tertib dalam menyusun administrasi desa. Seperti penyusunan laporan realisasi anggaran dana desa. Bersenirgi dengan elemen yang ada serta bangun kordinasi yang,baik dengan demikian akan terbangun suasana yang pemerintahan dan kehidupan masyarakat yang kondusif.

Terpantau, musdes menyepakati beberapa paket pekerjaan seperti pembangunan tebat jalan usaha tani pengadaan tps dan dekorasi panggung. Giat berjalan relatif normal dan dilanjutkan dengan pembahasan mekanisme pengerjaan.

CAPLIN SEGANTI

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater