CANVA, 5 Tips Membuat Sertifikat Ampuh untuk Semua Kalangan

Senin, 2-November-2020, 15:23




Membuat sertifikat adalah keahlian yang harus dimiliki. Mulai dari guru, anggota panitia, hingga karyawan kantor, kemampuan membuat sertifikat perlu diasah sebagai antisipasi jika suatu saat Anda harus membuatnya. Sudah tahu tips yang baik dan benar?

Sumber:

https://static-cse.canva.com/blob/143473/How-to-make-your-assignments-look-more-professional-banner.b0d975c0.jpg

Sertifikat adalah lembar kualifikasi yang diperoleh seseorang saat menuntaskan sebuah ujian, seminar, pendidikan, dan kegiatan sejenis. Sertifikasi ini kemudian bisa digunakan untuk keperluan lain seperti sekolah ke tingkat selanjutnya, lamaran kerja, dan lain-lain.

Kehadiran sertifikat amat diperlukan sebagai bentuk apresiasi bagi sang penerima. Ia bisa dicetak dengan ketentuan berdasarkan individu dan lembaga, atau dikirim dalam bentuk digital. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita yang membuatnya.

Bingkai kenangan atas kegiatan yang telah dilalui lewat hasil desain terbaik. Kini, membuat sertifikat dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi baik di komputer maupun ponsel. Ingin tahu tips membuat sertifikat untuk semua kalangan? Simak di bawah ini!

Tips Membuat Sertifikat

Sumber :

https://cdn.elearningindustry.com/wp-content/uploads/2016/11/9fd531d734849f4ebc06b21b6beb0109-768×431.jpeg

1. Tentukan Keperluan Sertifikat

Tips pertama membuat sertifikat adalah menentukan tujuan serta jenisnya. Apakah sertifikatnya ditujukan untuk penghargaan umum seperti kelulusan sekolah? Atau, apakah sertifikat dibuat bagi para karyawan yang telah menempuh masa baktinya? Ini penting dipastikan sejak awal.

Tujuan menentukan keperluan sertifikat, nantinya berpengaruh pada model desain yang digunakan. Sebagai contoh, sertifikat kelulusan sekolah dan penghargaan karyawan bakal berbeda dari segi kata-kata, desain, dan format lainnya. Pastikan dari sekarang!

2. Pilih Aplikasi Membuat Sertifikat

Kedua, pilihlah aplikasi atau platform desain terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan Anda. Ia harus dilengkapi berbagai macam fitur canggih seperti alat bantu desain, rekomendasi template terbaik, hingga elemen pendukung lainnya.

Tak lupa, aplikasi tersebut harus mudah digunakan untuk segala keperluan demi mengantisipasi kebutuhan Anda selanjutnya. Font, stok gambar dan ilustrasi lainnya, juga harus mendukung. Semakin lengkap, tentu bakal semakin memudahkan kita dalam membuat sertifikat.

3. Memilih Template Terbaik

Setelah menentukan keperluan sertifikat dan platform desain yang tepat, kini saatnya memilih template. Semakin banyak pilihan, tentu akan semakin memudahkan kita dalam mengeksplorasi satu per satu. Namun perlu diingat, desain sertifikat harus formal dan informatif.

Sertifikat penghargaan, mungkin bisa menggunakan template berbagai macam gaya dan sedikit lebih ringan. Namun ketika masuk pada sertifikat kelulusan pendidikan, ia mesti menyesuaikan dengan desain terdahulu agar tetap tematik dan tidak melenceng.

Sumber :

https://cdn.elearningindustry.com/wp-content/uploads/2016/11/024b1c5952075f9cfb9f83d434326096-768×431.jpeg

4. Desain Secara Proporsional

Memilih template desain saja, tak cukup! Anda harus mendesain kembali mulai dari kata-kata, elemen bentuk, pemilihan warna, dan sebagainya. Ubah, modifikasi, serta telusuri pustaka dalam platform desain tersebut. Pilih dan edit desain secara pas, jangan terlalu berlebihan.

Jika merasa tak cocok, Anda juga bisa membuat sertifikat dengan desain sendiri. Tipsnya, dahulukan penentuan tata letak serta warna yang sesuai dengan lembaga terkait. Sampai sini, Anda sudah hampir rampung menuntaskan pengerjaan sertifikat.

5. Periksa Hasil Sertifikat

Seringkali saat sudah dicetak atau dibagikan, Anda menemukan sejumlah kesalahan dalam sertifikat yang luput dari mata. Guna mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya memeriksa kembali secara keseluruhan dan libatkan rekan agar bisa menilai secara objektif.

Itulah tadi tips membuat sertifikat secara ampuh untuk segala kalangan. Temukan gaya desain terbaik Anda dengan terus mengekplorasi dan bertanya pada ahlinya. Pastikan pula seluruh elemen dapat berpadu dengan baik tanpa saling berlebihan. Selamat mencoba!

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater