Kerjasama Dengan IPSI, PSHT Cabang Lahat Adakan Kegiatan Penataran Wasit dan Juri

Juga Diikuti Berbagai Perguruan Pencak Silat

Kamis, 19-Desember-2019, 20:55


LAHAT ONLINE, LAHAT – Bertempat di padepokan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Lahat, yang ada di Kelurahan Sari Bungamas, puluhan pelatih dari berbagai perguruan pencak silat mengikuti pelatihan wasit dan juri yang berlangsung selama dua hari, Kamis (19/12).

Kegiatan penataran wasit juri ini terselenggara berkar kerjasama antara Organisasi PSHT dan IPSI Kabupaten Lahat dan di buka secara langsung oleh Ketua PSHT Cabang Lahat, Drs H Masroni, dengan mendatangkan wasit dan juri Nasional.

Pemberi materi penataran wasit dan juri, Katmudjiono dari Jakarta di dampingi Riki Fernando dari Rejang Lebong mengatakan terdapat beberapa materi yang ia jabarkan ke peseta penataran wasit dan juri.

“Karena ini eventnya penataran wasit dan juri tingkat cabang, kita berikan sesuai aturan, jadi yang pertama peraturan pertandingan mengenai pencak silat, yaitu ada empat kategori diantaranya tanding, tunggal, ganda dan regu, itu teorinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Katmudjiono menambahkan bahwa kegiatan penataran wasit dan juri ini penting dilakukan, agar dapat melahirkan bibit wasit dan juri yang mumpuni dan profesional.

“Untuk di Kabupaten Lahat itu ada kegiatan rutin SH Cup tiap enam bulan sekali dan mereka yang akan diturunkan dan harapan kita, karena di Kabupaten Lahat kekurangan wasit dan juri, di tingkat daerah, apalagi nasional, dengan adanya penataran ini, mungkin sebagian ada yang ikut penataran di tingkat daerah, kemudian untuk selanjutnya bisa ke tingkat nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Lahat, H Aris Susilo melalui Bendahara Umum IPSI Kabupaten Lahat, sekaligus Warga Tingkat II PSHT Cabang Lahat, M Khairuddin MBA mengatakan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama PSHT dan IPSI.

Dengan demikian, dirinya menegaskan bahwa peseta penataran tak hanya dari warga PSHT, melainkan dari perguruan lain, sehingga sertifikat wasit dan juri tidak hanya berlaku di interen PSHT, melainkan di tingkat daerah.

“Dalam rangka program PSHT Cabang Lahat tiap tahun ada progrm pelatihan wasit dan juri, yang bekerja sama dengan IPSI Kabupaten Lahat. Kegiatan ini diikuti dari berbagai kabupaten kota lain, seperti Pagaralam, Muara Enim dan Empat Lawang,” katanya.

Sambung, Khairuddin menjelaskan setidaknya terdapat 34 peserta yang mengikuti pelatihan wasit dan juri ini yang berasal dari berbagai perguruan pencak silat yang ada di naungan IPSI.

“Diantaranya, PSHT, ASAD, Tapak Suci, Fisabilillah, Himssi dan Kera Sakti. Harapan kedepan dengan adanya penataran wasit juri ini, karena program kedepan, akan mengikuti berbagai kegiatan,” imbuhnya.

Seperti di tahun depan akan ada kejuaraan pencak silat tingkat remaja di PALI sehingga wasit dan juri yang sudah kita persiapkan ini bisa melakukan seleksi Kejurda tingkat remaja, yang akan melahirkan pesilat pesilat yang kompeten untuk mewakili Kabupaten Lahat di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional,” jelasnya.

Kegiatan penataran ini disambut antusias oleh para peserta dan berharap ilmu yang telah di dapat dari wasit juri Nasional ini dapat bermanfaat untuk kemajuan dunia Pencak Silat.

“Dengan adanya penataran wasit juri ini, kami berharap jadi wasit yang adil dan profesional. Terima kasih kepada IPSI Kabupaten Lahat dan PSHT Cabang Lahat yang sudah menyelenggarakan penataran wasit juri ini dan semoga kegiatan ini di tahun tahun selanjutnya tetap ada,” tutur salah satu peserta dari PSHT Cabang Lahat, Hendra Susanto. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater