KAPOLSEK JARAI CEK PEMBANGUNAN PROYEK DI DESA PELAJARAN

Imbau bangun sesuai RAB dan aturan

Selasa, 6-Agustus-2019, 13:25


LAHAT ONLINE, PELAJARAN – Kapolsek Jarai turun gunung, melakukan pengecekan pembangunan proyek embong di Desa Pelajaran Kecamatan Jarai.

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIk MSi melalui Kapolsek Jarai Iptu Hendrinadi SH MH mengatakan, bahwa pihaknya ingin memastikan pembangunan proyek berjalan dengan semestinya dan sesuai aturan yang berlaku.

“Saya dan Kades, mengecek pembangunan proyek dari Kementerian Desa PDTT, yang bersumber dari APBN. Proyek di kerjakan masyarakat secara swakelola,” kata dia, Selasa (06/08).

Lanjut Hendri, pihaknya mengimbau, agar pembangunan apapun harus mengedepankan azas transparansi, dan tidak melenceng dari RAB.

“Kita mengharapkan proyek dana yang bersumber dari APBD maupun APBN dikerjakan sesuai dengan peraturan undang undang, tidak menyimpang dari RAB yang ada, apabila menyalahi ketentuan maka akan menimbulkan kerugian negara, akhirnya berhadapan dengan hukum,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa terdapat pembangunan di Desa Pelajaran Kecamatan Jarai, diduga menjadi proyek siluman, proyek yang dimaksud di danai menggunakan APBD Kabupaten Lahat yang berupa cor beton jalan usaha tani.

Hal tersebut, diamanatkan Undang Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), setiap pembangunan yang dibiayai negara, harus menyertakan papan informasi proyek, termasuk dana desa.

Kemudian, peraturan lainnya juga tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater