Tips Memilih Menu Berbuka dan Sahur Sehat Dari Dinas Kesehatan Lahat

Kamis, 23-Mei-2019, 07:37


Lahat – Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang penuh keberkahan. Bulan yang selalu dirindukan oleh orang-orang beriman. Bulan dimana pahala dari setiap ibadah dilipat gandakan.

Namun, memaksimalkan diri bukan berarti memporsir diri tanpa memperhatikan kondisi tubuh kita. Tubuh kita pun memiliki hak-haknya yang perlu untuk kita penuhi. Hendaklah kita menjaga kesehatan tubuh kita agar dapat melakukan ibadah semaksimal mungkin di bulan Ramadhan.

Berikut merupakan tips-tips mengonsumsi makanan sehat ketika berbuka atau pun sahur di bulan Ramadhan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lahat dr. H. Rasidi Amri MT, MKM melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Agustia Ningsih, SKM, MKM:

– Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah anda menjalani puasa nantinya.

– Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh, untuk anda lancar beraktivitas esok harinya.

– Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan anda kenyang. Di mana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

– Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

– Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

– Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selain puasa perlahan dipenuhi.

– Mengonsumsi pisang saat berbuka snagat baik bagi tubuh anda. Sebab, pisang merupakan sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat.

Itulah tips dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat. Selamat menjalankan Ibadah Puasa. Kamis (23/05/2019)

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater