Pj Bupati Lahat Resmikan PLTS Irigasi Desa Nanjungan Merapi Timur

Selasa, 2-Januari-2024, 14:19


Lahatonline.com, Nanjungan – Penjabat Bupati Kabupaten Lahat Muhammad Farid, S.STP.M.Si pada siang hari ini meresmikan Program pembangunan masyarakat berkelanjutan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur persembahan PT. Bukit Asam, Selasa, (02/01/24).

Selain Pj Bupati, hadir pula Direktur PT. Bukit Asam yang diwakilkan VP Sustainability CSR PTBA Hartono, Kepala Desa Nanjungan Depi Satriani, Camat Merapi Timur, Aria Pulun, SE, Camat Merapi Barat Drs. Erlambang, MM, Camat Merapi Selatan Sabarudin, SE, Kapolsek Merapi, Danramil Merapi, para kepala desa, BPD, PKK kecamatan, PKK Desa serta masyarakat desa setempat.

Depi Satriani Kepala Desa Nanjungan menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan PTBA yang menyempatkan hadir dalam acara tersebut.

“Terima kasih kepada PTBA yang memberikan bantuan CSR PLTS ini kepada desa kami, kilas balik, Nanjungan ini tidak masuk ring untuk PTBA, namun kami mendapatkan bantuan ini, karena bapak Samiri sehingga dapat mendirikan PLTS ini, oleh karena itu kami masyarakat berterima kasih atas bantuan CSR PLTS Irigasi Nanjungan ini,” kata Depi.

Dan disini perlu diketahui, bukan hanya untuk masyarakat Nanungan saja yang memanfaatkannya, namun PLTS ini juga dapat dimanfaatkan didesa tetangga yaitu meliputi desa Tanjung Jambu, Desa Gedung Agung, Tanjung Lontar, Desa dan desa Sengkuang,” terang kades

Dilanjutkan Depi, yang selama ini desa Nanjungan itu atau kelompok tani memanfaatkan tadah hujan, dengan adanya PLTS ini dapat begitu bermanfaat bagi kelompok tani dan masyarakat sekitar.

“Kedepan program CSR ini dapat berkelanjutan untuk desa Nanjungan,” harap kades singkat.

Selanjutnya, VP Sustainability CSR PTBA Hartono mengatakan, sedikit mengulas pembanguna PLTS irigasi ini merupakan salah satu bentuk kontribusi PTBA sebagai perusahaan pertambangan dalam mendorong dan memperkenalkan EDP dalam konteks ini PLTS, dan menjadi tanggung jawab PTBA untuk meperkenlakan PLTS, dan menjadi komitmen untuk memberikan manfaat dan membantu Masyarakat kabupaten Lahat.

Dan Desa Nanungan ini adalah wilayaha ring 2 menjadi salah satu fokus untuk meningkatkan peradaban serta menciptakan kehidupan yang lebih baik, kata Hartono.

Dilanjutkan Hartono, PLTS irigasi ini merupakan sebuah sistem yang ramah lingkungan yang dapat menggerakkan pompa dengan pasitas 27,5 KW, untuk menaikan air sungai ke perawasahan yang mengaliri air sehingga dapat mengaliri sekitar 83 hektar persawahan.

“Dan benar tidak hanya untuk desa Nanjungan namun juga untuk warga desa sekitarnya,” terangnya.

Harapan kami, PLTS ini dapat dijaga, merawat dan memanfaatkannya secara optimal sehingg dapat meningkatkan kebutuhan pangan di wilayah desa ini.

“Tentu saja tidak lepas sinergi antara PTBA dengan pemkab Lahat, Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya yang dilewati oleh pembangunan PLTS ini,” ucap Hartono.

Sementara itu Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP.M.Si mengatakan, pada kesempatan ini kami berharap bantuan ini dimanfaatkan seutulusnya, dapat dirawat dan dijaga, jangan samapai sudah dibangun tapi terbengkalai, pesan Farid.

Dan Mudah- mudahan menambah lajunya perekonomian di Kabupaten Lahat, tutupnya singkat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater