DESA CEMPAKA SAKTI GELAR PROGRAM INKLUSI BUEKA AISYIYAH LAHAT

Rabu, 25-Oktober-2023, 19:14


CEMPAKA SAKTI- Bertempat di kantor desa cempaka sakti kecamatan kikim timur, kabupaten lahat, di gelar program inklusi Aisyiyah lahat.

Adapun program inklusi tersebut Pemberdayaan bina usaha ekonomi keluarga Aisyiyah (BUEKA) yang di hadiri oleh ibu kades cempaka sakti, rombongan Tim Aisyiyah lahat, yang di ketuai oleh Pimpinan daerah Aisyiyah lahat , sekaligus senior program inklusi lahat, Hj. Dr Lailah Kholik M.kes dan ibu-ibu warga desa cempaka sakti.

INTIN AGUSTINI S.Pd selaku ibu kades sekaligus ketua panitia saat di konfirmasi dirinya menerangakan” Di desa Cempaka sakti mengadakan inkluksi dari pimpinan daerah lahat, tujuan nya untuk mengembangkan koperasi, kalau hari ini materi nya kita koperasi jadi untuk mengembangkan koperasi ini ibu – ibu di suruh membuat pengurus, terus labelnya terus dikirim ke produk itu sendiri, kemudian nanti baru di pasarkan produk itu. pesannya semoga ibu-ibu di cempaka sakit lebih semangat lagi untuk memperbanyak produk nya biar bisa memperbaiki ekonomi nya juga, ” terangnya, rabu (25/10/23).

Selain itu Hj. Dr LAILAH KHOLIK M.Kes, selaku pimpinan daerah Asiyiyah lahat, Sekaligus Senior Program Inklusi lahat, ia menyampaikan”
Alhamdulillah program inkluksi kita sudah berjalan satu tahun tidak terasa dari Oktober 2022 kita kik’of di gedung pertemuan kabupaten lahat bersama bapak wakil bupati ini sudah bulan Oktober pula, jadi ada lima kegiatan besar yang pertama penurunan stanting, yang kedua pemberdayaan ekonomi, yang ke tiga pencegahan perkawinan anak usia dini, yang ke empat pemberdayaan kepemimpinan perempuan, yang ke lima HKSE, ke lima – limanya sudah kita kerjakan,” ujarnya.

“Semua hari ini kita bersama dinas koperasi tadi ke sini dalam rangka pembinaan bina usaha ekonomi keluarga atau bina usaha kuluarga Aisyiyah, (BUEKA) ini adalah salah satu pilar dari pemberdayaan ekonomi perempuan tentunya di sini banyak sekali UMKM – UMKM, yang di bawah pembinaan Aisyiyah dan Alhamdulillah usaha nya banyak keripik – keripik banyak kemudian jamur krispi yang sudah kita produksi. kemudian ada keterampilan tangan sapu lidi dari pohon sawit, Alhamdulillah sudah di buat berbagai macam bentuk kerajinan dan ini kita pasarkan, kita bantu pemasaran nya di kabupaten lahat,” ungkapnya.

“Hari ini bersama dinas koperasi kami memberikan edukasi tentang koperasi bagaimana perempuan – perempuan di desa ini nantinya menjadi berdaya dan mandiri di dalam hal keuangan salah satunya mendirikan koperasi kami akan mendorong bersama- sama kemudian beberapa hari yang lalu juga kita bersama tim dari Universitas Erlangga melakukan penelitian tentang petani perempuan.

“Dan insyaallah salah satu penelitian nya ada di cempaka sakti, ini sedang berjalan nanti hasil nya akan kami paparkan ke pak bupati di akhir tahun kemudian nanti tanggal 15 November insyaallah kita akan ada banyak kegiatan selain kegiatan BUEKA, juga ada launching forum petani jaringan petani secara nasional yang di adakan di kabupaten lahat mohon doa nya semoga terus berkembang inkluksi kita membantu para perempuan – perempuan marginal di desa membantu mereka mandiri di bidang ke uangan membantu mereka di bidang edukasi pengetahuan sehingga mereka nafsu supaya mereka mengetahui pengetahuan yang sama pada masyarakat, ” tambahnya pungkas pimpinan Aisyiyah lahat.

(TERIMO/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater