Dandim 0405/Lahat Resmikan Fasilitas Air Bersih di desa Suka Cinta 

Selasa, 25-Juli-2023, 17:51


Lahatonline.com, Suka Cinta – TNI AD melalui Kodim 0405/Lahat memberikan bantuan sumur bor dan MCK 5 Pintu untuk program air bersih dan penurunan stunting yang berlokasi di MTs 1 desa Suka Cinta Kecamatan Merapi Barat, selain itu, juga diberikan bantuan sembako kepada lansia dan anak-anak yang terindikasi stunting didesa tersebut. Seremoni pemberian bantuan tersebut diberikan langsung oleh Letkol Inf. Toni Oki Priyono S.I.P selaku Dandim 0405/Lahat pada hari ini, Selasa 25 Juli 2023 pada saat peresmian Fasilitas Air Bersih di Lebak Banten oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman secara virtual diikuti oleh TNI AD se Indonesia.

Dikatakan Dandim, Peresmian penanggulangan fasilitas air bersih program TNI AD Manunggal Air tahun 2023 dan pencanangan percepatan penurunan stunting khusus di Kabupaten Lahat ada 2 desa, yaitu desa Suka Cinta Merapu Barat dan desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang, dimana kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pagar Batu.

“Ada dua titik untuk fasilitas air bersih oleh Kodim 0405/ Lahat, pertama disini di Suka Cinta dan kedua di Desa Pagar Batu, acaranya juga sama yaitu peresmian sumur bor sekaligus pemberian bantuan stunting dan pemberian sembako kepada warga yang terdampak miskin extrim”ujar Dandim kemedia ini.

Lebih jauh Dandim mengatakan, sekitar 300 paket yang tersebar diwilayah kodim 0405/Lahat telah diberikan kepada warga yang membutuhkan.

“Kemudian, selain sumur bor, kita juga membangun MCK untuk masyarkat, ada 5 MCK di Suka Cinta dan 5 MCK lagi di Pagar Batu, dimana tujuannya ialah supaya masyarkat bisa hidup sehat dan menikmati air bersih dan msyarakat tidak terkena resiko stunting”bebernya.

Masih kata Dandim 0405/Lahat, selain program yang disebutkan diatas, Kodim 0405/Lahat juga ada program ketahanan pangan, sekitar 5 Hektar tanah telah ditanam jagung, pepaya serta tanaman sayur mayur seperti kangkung, terong, cabai serta jenis sayuran lainnya.

“Hasilnya selain untuk anggota juga dibagikan ke masyarakat secara gratis” ujar Dandim.

Kemudian ada program babinsa masuk dapur, dimana program ini, babinsa langsung mendatangi masyarakat sambil membawa kebutuhan pokok masyarakat sesuai kebutuhan.

“Program ini merupakan kebijakan dari KSAD untuk mencari dan membantu masyarakat terkait air bersih. Melalui bantuan tersebut diharapkan manfaat air itu dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari”tandasnya.

Sementara itu, Kades Suka Cinta Rudiansah menyampaikan terima kasih kepada TNI AD atas dibangunnya sanitasi air bersih yang telah dibuat sumur bor dengan kedalaman 60 meter dari permukaan tanah di sekitar MTs 1 desa Suka Cinta.

“Kami sangat berterima kasih kepada Dandim 0405/ Lahat yang telah membuatkan sumur bor dan MCK di desa Kami yang manfaatnya dimanfaatkan langsung oleh warga sekitar” ujar Kades.

Mudah-mudahan dengan adanya program yang menyentuh langsung kemasyarakat ini, menjadikan TNI AD semakin dicintai oleh Rakyat, tutupnya singkat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater