Jelang Idul Adha 1444 H, Kepala Desa Gunung Agung Salurkan BLT

Senin, 26-Juni-2023, 16:13


Lahatonline.com, Gunung Agung – Menjelang hari raya Idul Adha 1444 H, Pemerintah desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dana desa tahap II Bulan April, Mei, Juni tahun anggaran 2023.

Penyaluran BLT kepada warga ini berlangsung di Gedung Serbaguna desa Gunung Agung pada pukul 13.30 WIB, dan dihadiri oleh Erlambang Camat Merapi Barat beserta rombongan, Kepala Desa Gunung Agung Darussalam berserta perangkat, BPD, PLD ,PD serta Babinsa Bhabinkamtibmas desa Gunung Agung.

Darussalam Kepala Desa Gunung Agung menuturkan, tentu para penerima BLT yang hadir saat ini bertanya -tanya mengapa sepi dan tidak seramai tahun sebelumnya?, Disini kami jelaskan, bahwa pengurangan jumlah keluarga penerima manfaat BLT tersebut berdasarkan aturan dari peraturan menteri keuangan (PMK RI) dimana dijelaskan kalau dana desa untuk BLT tahun 2023 hanya berkisar minimal 10 % dan maksimal 25 %. Oleh karena itu, jumlah penerima BLT Gunung Agung sebanyak 23 orang, ke 23 orang tersebut telah memenuhi kriteria dan hasil musyawarah desa khusus. Artinya bukan kami kepala desa yang menentukan para penerima BLT ini, melainkan hasil musyawarah.

“Oleh sebab itu, kami berpesan agar dana BLT ini benar-benar dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan dalam rangka persiapan Idul Adha ini, dan kita langsung berikan dari bulan April, Mei, Juni sehingga uang yang diterima per KPM sebesar 900 Ribu Rupiah” ucapnya, Senin, 26/06/23.

Sementara itu, Erlambang Camat Merapi Barat membenarkan apa yang disampaikan oleh Kepala desa, dikatakan Camat, uang BLT tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat.

“Benar apa yang disampaikan kades, manfaatkan uang ini dengan sebaik-baiknya” pesannya singkat.

Ditempat yang sama, Heppy Yunika PLD Gunung Agung mempertegas apa yang disampikan oleh kepala desa, dikatakan olehnya, penyaluran BLT tahun 2023 bukan lagi dampak dari Covid 19, melainkan dalam rangka program pemerintah pusat untuk penghapusan kemiskinan Ekstrim, dimana data Miskin Ekstrim tingkat kemiskinannya didapat dari Bapeda Kabupaten Lahat. Berdasarkan data tersebut pemerintah desa melakukan update data melalui musyawarah penghapusan miskin Ekstrim tadi, sehingga didapatilah para penerima BLT yang di undang hari ini.

“Dan tentunya telah melalui proses musyawarah desa khusus dalam penetapan penerima BLT” jelasnya singkat.

Pantauan media ini, setelah acara sambutan-sambutan, tampak Kades yang diikuti camat memberikan secara simbolis BLT kepada warga dan diikuti oleh warga lainnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater