Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

Presidium DOB Kikim area Harapkan Pemprov Sumsel Dorong pemekaran Kikim area

Selasa, 18-Februari-2020, 13:25


LAHATONLINE,Palembang  – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menerima audiensi Ketua Presidium Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kikim Area Pemekaran Kabupaten Lahat, Drs. H. Chozali Hanan, beserta anggotanya di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Senin (17/2).

Pertemuan tersebut dalam rangka mohon dukungan Pemprov Sumsel agar mendorong pembentukan Kabupaten Kikim Area, pemekaran Kabupaten Lahat yang sedang moratorium.

“Terkait hal itu, Mawardi mengatakan bahwa Pemprov Sumsel akan mendorong hal tersebut melalui proses administrasi yang telah ditetapkan, melalui OPD terkait.
Pemprov Sumsel berterima kasih ada inisiatif Kabupaten Lahat ingin membentuk daerah otonomi, mudah-mudahan ini jalan keluar untuk mempercepat pembangunan di Lahat, pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat,” katanya.

Inilah yang menjadi pemikiran Gubernur bersama Saya, oleh sebab itu tentunya Pemprov sumsel mengucapkan terimaksih atas inisiatif kabupaten Lahat untuk membentuk otonomi baru mudah-mudah nantinya, ini salah satu cara jalan keluar mempercepat pembangunan di kabupaten laha, tambahnya. 

Dia menambahkan, Pemprov Sumsel sangat mendorong kemajuan dan pembangunan setiap kabupaten/kota yang ada di Sumsel, terutama dalam hal infrastruktur dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Presidium Pembentukan DOB Kikim Area pemekaran Kabupaten Lahat, Drs. H. Chozali Hanan berharap melalui Gubernur Sumsel dan jajarannya, moratorium dapat dicabut agar bisa terlaksana daerah otonomi daerah ini.
 
Kikim Area merupakan DOB pecahan dari Kabupaten Lahat. Menurutnya, DOB tersebut terdiri dari 5 Kecamatan di Kabupaten tersebut. Yakni Kecamatan Kikim Barat, Kikim Timur, Kikim Selatan, Kikim Tengah dan Pesiksu. Wacana pembentukan DOB sebenarnya telah bergulir sejak 2013 lalu. Namun, terkendala moratorium yang dikeluarkan pemerintah pusat,” katanya

Oleh sebab itu pula Ia mengharapkan dukungan dari Pemprov Sumsel untuk segera mendorong Presiden mencabut moratorium tersebut.

“Kikim Area memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah. Diantaranya kandungan batubara di dalam wilayah yang mencapai 2355 juta ton. Belum lagi hasil dari minyak dan gas bumi. Bahkan, Chozali mengklaim DBH Migas yang diterima kabupaten Lahat sebagian besar merupakan hasil eksplorasi di kawasan Kikim. “Kami berharap Pemprov bisa mengakomodir keinginan masyarakat ini,” pungkasnya.

Tambahnya Pemekaran ini perlu, yang dengan begitu ini akan memperpendek rentan kendali alur masyarakat dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (Ar)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

PULAU PINANG - Selasa, 31-Maret-2020 - 18:31

Cegah Corona, Karang Dalam Semprot Disinfektan

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI

LAHAT - Selasa, 31-Maret-2020 - 17:35

GLPS Segera Lakukan Aksi Bagi Masker

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI BARAT - Senin, 30-Maret-2020 - 11:09

TANJUNG PINANG MERAPI BARAT LAWAN VIRUS CORONA

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater