SMPN 6 Lahat Punya Fasilitas Istimewa 

Kamis, 7-Maret-2024, 16:16


LAHAT – SMPN 6 Lahat memiliki fasilitas yang istimewa dan berbeda dari sekolah lainnya, yakni Pojok Kependudukan. Bagaimana tidak, pojok kependudukan hanya dimiliki oleh sekolah yang menyandang predikat Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) saja.

Kepala SMPN 6 Lahat Rahmi Parianti SPd melalui Waka Kesiswaan Linda Lestari SPd mengatakan, SMPN 6 Lahat ditunjuk sebagai SSK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, berdasarkan SK Disdik Nomor 800/3307/P-SMP/PdanK/2023 tanggal 7 Agustus 2023 tentang Penetapan sekolah siaga kependudukan (SSK) kabupaten Lahat. Pojok kependudukan merupakan fasilitas yang harus dimiliki SSK. Dimana, fasilitas tersebut diisi dengan berbagai buku yang berhubungan dengan kependudukan dan hasil karya maupun tulisan siswa yang dipajang pada dinding pojok kependudukan sebagai sumber ajar.

“Pojok kependudukan dibuat senyaman mungkin, agar tamu, warga sekolah khususnya siswa betah untuk berada disana. Pojok kependudukan tidak jauh berbeda dengan pojok baca, bedanya hanya pojok baca dikhsuskan informasi yang berhubungan dengan kependudukan,” ujarnya, Kamis (7/3/2024).

Lanjut Linda, SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana, kedalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran. Yang mana, materi tersebut sudah masuk kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuannya, mengantisipasi terjadinya pernikahan anak dibawah umur dan mencegah terjadinya tingkat pengangguran ditengah jumlah penduduk yang semakin padat. Karena itu, di pojok kependudukan, selain adanya buku, jua terdapat karya siswa mulai dari gantungan dekorasi, tempat duduk dari bahan bekas botol air minum, dan pajangan dinding kayu.

“Anak diajarkan mengolah bahan bekas yang memiliki nilai jual, supaya setelah lulus pendidikan, mereka dapat menghasilkan lapangan pekerjaan sendiri. Untuk terjadinya pemikiran mereka untuk menikah dibawah umur tadi,” kata Linda.

Linda juga menambahkan, sosialisasi terkait kependudukan juga diberikan kepada siswa disela pembiasaan pagi. “Tidak banyak memang waktunya, namun 10 menit-20 menit informasi tersebut berarti bagi mereka,” tutupnya. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater