Antisipasi Banjir, Pemdes Merapi Bangun Saluran Drainase 

Rabu, 11-Oktober-2023, 17:47


Lahatonline.com, Merapi – Antisipasi banjir saat musim penghujan, Pemerintah desa Merapi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat bangun drainase. Pembangunan drainase dengan volume 0,9×1,2×135 meter tersebut dibangun didusun tiga desa Merapi dan berdasarkan hasil musyawarah desa tahun 2022 lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Merapi Erdadi, dikatakan olehnya, dibangunnya drainase tersebut guna mengantisipasi terjadinya genangan air serta banjir didusun empat.

“Ini adalah permintaan masyarakat agar dibangun drainase, tujuannya ialah disaat penghujan, tidak lagi ada genangan air dan bajir di dusun empat desa Merapi,”terang Erdadi kemedia ini saat tim Kecamatan Merapi Barat melakukan monitoring dan evaluasi didesanya pada hari ini, Rabu, (11/10/23).

Anggaran pembangunan drainase ini bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2023 dengan menelan dana sekitar 209 juta.

Dan untuk pengerjaannya dilaksanakan oleh TPK desa Merapi, ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, realisasi dana desa 2023 tidak hanya fisik, tapi juga untuk bantuan langsung tunai (BLT), kegiatan Posyandu, SDGs serta yang lainnya.

Sementara itu, Camat Merapi Barat melalui sekretaris kantor Camat Dahrifagustian berharap pembangunan dan pemberdayaan didesa dapat bermanfaat dimasyarakat.

“Harapan kami pembangunan dan pemberdayaan desa bisa lebih maksimal dan menyeluruh, sehingga DD benar-benar memberikan dampak positif,’’katanya.

Kemudian, lanjut sekcam, dengan adanya monev ini untuk memberikan pengawasan dan pembinaan, baik itu secara administrasi maupun pengawasan dipembangunan fisik, gunanya untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan alokasi dana desa tersebut, pungkasnya.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater