REMBUK STUNTING DESA TEBAT LANGSAT BERLANGSUNG SUKSES 

Sabtu, 29-Juli-2023, 17:05


TEBAT LANGSAT – Dalam rangka pelaksanaan percepatan dan penanganan Stunting Pemerintah desa Tebat Langsat kecamatan Kota Agung bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa (KBD, Kasi, Kaur), LPM, UPTD Puskesmas Kota Agung, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, T.PKK, Bidan Desa, KPM, Kader Posyandu, PLD, PD, melaksanakan kegiatan Rembug Stunting tahun 2023, Sabtu (29/07/2023).

Dikatakan Dadang Kariawan Kepala Desa Tebat Langsat, “Rembuk stunting ini merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2023, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2023 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Program ini harus dilaksanakan secara terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak,Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,”papar Dadang.

Rembuk Stunting di buka oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Tebat Langsat dengan pembahasan Konvergensi percepatan dan pencegahan stunting di Desa Tebat Langsat dan Penetapan usulan kegiatan prioritas berdasarkan persentase laporan hasil konvergensi pencegahan stunting di Desa Tebat Langsat.

Pada kesempatan tersebut Camat Kota Agung, Marsi,SE.MM melalui Kassubag Program dan Keuangan Muhamad Lison, SE menjelaskan, Rembuk stunting wajib dilaksanakan dan menjadi prioritas pemerintah. Semoga kedepannya Stunting yang ada di Desa Tebat Langsat dapat berkurang dan mari kita bersama-sama memerangi Stunting agar tumbuh kembang anak tidak terhambat. Diharapkan tingkat keterlibatan semua lini masyarakat ikut serta terlibat dalam penurunan Stunting Desa Tebat Langsat,”ujar Lison.

Dalam kesempatan tersebut ada beberapa saran dan masukan dari Kader Posyandu, Tokoh masyarakat dan beberapa undangan yang hadir, agar fasilitas dan pelayanan dari Posyandu di tingkatkan, agar kedepannya kesadaran dan kehadiran ibu-ibu untuk mengajak Bayi dan Balitanya kePosyandu untuk mengetahui Tumbuh Kembang Bayi dan Balita meningkat. Karna tumbuh kembang bayi dan balita sanggat penting untuk mencegah terjadinya Stunting.

Hasil dari Rembuk Stunting Desa Tebat Langsat penyampaian konvergensi percepatan dan pencegahan stunting Desa Tebat Langsat
Penyampaian usulan prioritas berdasarkan laporan capaian konvergensi stunting
Beberapa permasalahan dan aspirasi akan di sampaikan pada acara Lokakarya dan Musdes ( Musyawarah Desa Penyusunan RKPDesa ) Tahun 2024
Penanganan stunting jadi perhatian khusus dan komitmen Pemerintah Desa Tebat Langsat dalam menurunkan angka stunding dan gizi buruk pada anak-anak.

Terpantau kegiatan Rembuk Stunting desa Tebat Langsat berjalan dengan lancar.

Saplin Yuniko

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

GUMAY TALANG - Minggu, 05-Mei-2024 - 15:05

DESA SUKARAMI BANGUN MCK & JALAN SETAPAK. 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater