Lidyawati Cik Ujang Adakan Pembinaan Kampung KB dan PKK Di Desa Karang Rejo

Rabu, 7-Juli-2021, 20:15


Lahatonline.com, Karang Rejo – Bertempat di Gedung serbaguna Desa Karang Rejo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat hari ini diadakannya pembinaan kampung KB dan Evaluasi TP PKK.

Terpantau awak media, kegiatan ini beelangsung di Gedung serbaguna desa Karang Rejo dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ibu Lidyawati Cik Ujang beserta rombongan, Kepala Dinas Dalduk dan KB Ujang Kurniawan, Camat Merapi Barat Sumarno, SE. M.Si beserta staf, Ketua TP PKK Kecamatan Merapi Barat, Kepala Desa Karang Rejo Komariatun, S.Pd. I, BPD, Sekdes, Babinsa serta undangan lainnya.

Dikatakan oleh Ujang Kurniawan Kepala Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Lahat tujuan diadakannya pembinaan kampung KB dan Evaluasi TP PKK desa Karang Rejo Kecamatan Merapi Barat ialah untuk meningkatkan dan menyegarkan komitmen dan oeran zerta oemerintah maupun mitra kerja dalam peningkatan akses dan kualitas kampung KB.

“Dengan pembinaan kampung KB secara terpadu di desa Karang Rejo diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman masyarakat terutama kader di Kampung KB dalam pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat ” Ujar Ujang Kurniawan, Rabu, (07/07/21).

Dilanjutkan oleh kepala dinas dalduk dan KB Kabupaten Lahat, dilaksanakannya pembinaan kampung KB berdasarkan UU No. 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, peraturan presiden RI No. 62 tahun 2010 tentang badan kependudukan dan keluarga berencana Nasional serta UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintah Daerah.

Sementara itu, Komariatun, S.Pd.I Kepala Desa Karang Rejo menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat yang telah menyempatkan hadir secara langsung ke desa Karang Rejo.

” Jujur baru kali ini desa kami dihadiri langsung oleh Ibu Bupati ( Ketua TP PKK Kabupaten Lahat ) sehingga kami merasa sangat tersanjung dan sangat merasa bangga juga kami sampaikan rasa terima kasih banyak atas pembinaan Kampung KB didesa Kami dan evaluasi TP PKK desa Karang Rejo oleh dalduk dan KB dan oleh ketua TP PKK Kabupaten Lahat ” Kata Komariatun.

Komariatun juga menitipkan salam kepada Bupati Lahat Cik Ujang agar kiranya juga dapat hadir didesa Karang Rejo.

” Titip salam kepada Bapak Bupati Buk, agar kiranya kelak dapat pula hadir kedesa Kami ini ” Pesannya kepada Ibu Bupati Lahat.

Kemudian Sumarno Camat Merapi Barat dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada dalduk dan KB serta TP PKK Kabupaten Lahat yang telah hadir serta memberikan bimbingan dan pembinaan kepada kader KB serta tim penggerak PKK Desa Karang Rejo.

” Pada hari ini kita dapat hadir untuk mengikutikegiatan sinergitas PKK dan dinas pengendalian penduduk dan KB Kabupaten Lahat di kampung KB desa Karang Rejo” Ucap Sumarno.

Dilanjutkan oleh Sumarno bahwa Ia dan Ketua TP PKK Kecamatan Merapi Barat sangat mendukung dengan adanya kegiatan kampung KB yang merupakan peogram satu pintu yang dilakukan BKKBN yang tidak hanya mengatur jumlah anak yang dimiliki keluarga tapi juga menekan keluarga yang berkualitas.

Terima kasih untuk penyuluhan dalduk dan KB khususnya yang bertugas didesa Karang Rejo, katanya.

Selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang dalam arahannya mengatakan.

” Seperti kita ketahui bersama gerakan PKK adalah gerakan nasional yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejatera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan, gender serta kesadaran hukum dan lingkungan” kata Lidyawati Cik Ujang.

Dan Pengelolaan administrasi yang baik dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan organisasi, termasuk PKK Desa.

Tertib administrasi ini dapat mempermudah pelaksanaan perencanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan PKK Desa. Dalam upaya tersebut, TP PKK Kabupaten Lahat mengadakan pembinaan administrasi PKK.

Pembinaan ini ditujukan kepada para pengurus PKK Desa dengan tujuan memperbaiki pengelolaan administrasi.

Dan terkait pembinaan kampung KB, Pertemuan Pokja Kampung KB diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat, stakeholder dan forum masyarakat kampung KB dalam memberikan penyuluhan dan informasi tentang program-program KB serta mensukseskan program-program KB tersebut.

Sehingga tujuan dari Kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, dapat terwujud dan berjalan secara berkesinambungan.

Dilanjutkan oleh Lidyawati, Kampung KB tidak saja diharapkan untuk menguatkan kembali Program KKBPK, tetapi juga memenuhi kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup, sehingga kedepannya masyarakat bisa memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih baik, pungkasnya.

Pantauan awak media, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat juga memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta dan bagi yang bisa menjawab diberi hadiah oleh Lidyawati.

Selain itu, juga diadakan penyuluhan ternak ikan lele didalam ember oleh narasumber yang barsal dari Dinas Pertanian Kabupaten Lahat.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater