Kembali, Lahat Adopsi Ciri Khas Daerah Lain

Setelah Ayam Nanas, Kini Giliran Batik

Rabu, 18-Maret-2020, 22:46


LAHAT ONLINE, LAHAT – Dibawah kepemimpinan Cik Ujang, Kabupaten Lahat hingga saat ini masih mencari jati diri, apa yang khas di Kabupaten Lahat, Rabu (18/3).

Setelah rekor ayam nanas yang notabennya merupakan masakan khas Provinsi Riau, kali ini Kabupaten Lahat menggelar festival batik yang notabennya khas dari Pulau Jawa.

Salah satu pegiat seni Kabupaten Lahat, Jamal mengatakan harusnya Kabupaten Lahat tidak perlu mengadopsi ciri khas di luar Kabupaten Lahat, karena Kabupaten Lahat mempunyai ciri khas tersendiri.

“Contohnya seperti makanan khas lemang atau songket. Karena jika serius dikembangkan, tentu akan membuat Kabupaten Lahat kian bercahaya. Kalau ayam nanas dan batik sudah dikenal oleh dunia, itu bukan khas Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Sementara itu, masyarakat Kabupaten Lahat, Yudi mendukung jika memang benar Kabupaten Lahat mempunyai batik khas Lahat, mengingat batik merupakan ciri khas Indonesia.

“Jika nanti benar ada, bentuknya seperti apa dan belinya dimana? Jangan sampai kearifan lokal kita tergerus oleh ciri khas daerah luar,” katanya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater