Siap Dukung Program Ketahanan Pangan, Dandim 0405/Lahat Sampaikan Ini 

Jumat, 15-Maret-2024, 07:26


Lahat — Kodim 0405/Lahat siap mendukung program pemerintah dalam kegiatan ketahanan pangan nasional, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Asis Kamaruddin SE MIP menyampaikan sesuai perintah dari Bapak KASAD untuk program ketahanan pangan dari para Dandim seluruh Indonesia menyiapkan lahan sekitar 200 hektar baik yang baru atau sudah eksis untuk program ketahanan pangan.

“Harapannya lahan terpadu adalah ada lahan pertanian, perikanan, peternakan dan kendalanya kita mencari suatu hamparan itu susah untuk di wilayah kabupaten Lahat Empat lawang dan kota pagar alam. karena dengan kondisi wilayah perbukitan, ada bukit barisan jadi kita melaksanakan program ketahanan pangan ini di beberapa tempat “, kata Dandim Asis yang menaungi Tiga wilayah yaitu Kabupaten Lahat kabupaten Empat lawang dan kota Pagar alam.

“TNI telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan). TNI dalam mendukung program ketahanan pangan, beberapa hari yang lalu Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Optimasi Lahan Rawa.
dalam menindaklanjuti kerjasama antara pemerintah dengan TNI AD. di Sumsel ini banyak rawa sampai seratus ribu hektar tapi untuk di Wilayah kabupaten Lahat, Empat Lawang, Pagaralam tidak berawa, jadi dalam mendukung program ketahanan pangan kita memaksimalkan sawah tadah hujan. Dan juga di kabupaten Lahat ada sungai Lematang, sungai lainnya yang mengaliri kita manfaatkan dengan pompa, kita berupaya bagaimana dalam meningkatkan hasil panen . Dan dengan adanya pompa bisa menambah ketersediaan air jadi panen bisa sampai 3 kali dalam setahun”, kata Dandim. Jumat (15/03/2024)

Disampaikannya, Selain itu dalam mendukung program ketahanan pangan Kodim 0405 /Lahat melalui Babinsa melakukan pendampingan di desa desa di tempat bertugas dan berkoordinasi dengan instansi terkait .

Dan melihat kondisi disaat ini Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Asis Kamaruddin SE MiP menghimbau mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan sekitar lingkungan. ” Ayo kita menanam seperti cabe, tomat dan sayur mayur lainnya.Bagi yang tidak punya pekarangan bisa di tanam dalam pot, polibek selain menambah asri, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat. dengan stok pangan yang cukup, dan perekonomian masyarakat meningkat, akan menekan laju inflasi, “ ungkap Dandim. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater