Akses MPP Mudahkan Warga Urus Dokumen 

Senin, 22-April-2024, 16:13


LAHAT – Keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Plaza Tepian Lematang, mendapat respon positif dari masyarakat. Lokasi MPP yang berada ditengah kota tersebut, memudahkan warga dalam menjangkau aksesnya saat mengurus dokumen penting, seperti pembuatan E KTP, akta, surat perizinan dan berbagai keperluan yang menyangkut dengan Pemkab Lahat.

“Pelayanan baik. Sudah itu gak terlalu antre. Lokasinya juga menunjang. Ada wisatanya, ada lokasi kuliner kemudian rindang sehingga adem saat melakukan pelayanan,” ujar Suryanti, warga Kota Lahat, saat menyerahkan berkas pembuatan E KTP, di MPP, Senin (22/4/2024).

Sebelumnya, Plaza Lematang sendiri sempat terbengkalai selama dua tahun, kini disulap menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP). Sebelum dilakukan launching secara penuh dan langkah awal revitalisasi MPP, sebanyak enam Operasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lahat dilakukan uji coba dalam Pelayanan Bergerak (mobile).

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi menjelaskan, pelayanan bergerak (mobile) merupakan cikal bakal dalam membangun pelayanan publik yang langsung menyentuh akarnya. Pelayanan jadi hal wajib dilakukan dalam pemerintahan, khususnya bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Disamping itu, pelayanan bergerak (mobile) juga jadi standar pelayanan publik kekinian, yang baik ke depannya.

“Insya Allah dengan lokasi di tengah kota, jangkauan masyarakat jadi tidak terlalu jauh dan tidak mengeluarkan biaya tinggi. Juga lebih efektif dan efisien karena satu tempat, satu pintu satu atap, semua layanan bisa dilakukan,” jelas Farid.

Farid optimis bila nantinya MPP berjalan dengan baik, maka perusahaan-perusahaan BUMN akan berlomba-lomba dalam membuka pelayanan di MPP. Sebab adanya MPP bertujuan untuk memberikan info kepada masyarakat tentang eksistensi mall pelayanan. Ini juga jadi komitmen Pemkab Lahat dalam memberikan layanan yang baik, yang akan dilakukan evaluasi secara faktual terkait operasi pelayanan.

Sementara, uji coba dalam rangka pelayanan bergerak (mobile) dilakukan sebanyak enam unit layanan dari OPD berbeda, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan terakhir Bank SumselBabel Lahat.

“Rencana awal bulan September akan launching secara penuh dan dihadirkan Menpan RB. Jangan liat MPP saat ini tapi liat dampak ke depannya nanti,” kata Farid. (via)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater