Persiapan Keberangkatan Haji 2024, Kemenag Lahat Sampaikan Ini 

Selasa, 23-April-2024, 19:11


Lahat — Pemberangkatan haji tahun 2024 akan dimulai pada Mei mendatang. Pemberangkatan jemaah haji akan dilakukan dalam dua gelombang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat H. Santoso S.Pd.I melalui
Kasi penyelengara haji dan umroh kantor kementerian agama kabupaten Lahat H.Ujang Jamhari M.Pd.I menyampaikan “untuk jamaah sekabupaten Lahat yang berangkat berjumlah 283 orang . Dan untuk kepastian keberangkatannya masih menunggu jadwal provinsi”, ucapnya. Selasa (23/04/2024)

Disampaikannya, keberangkatan haji di bagi dua gelombang, estimasi gelombang pertama mulai 12 mei berakhir di tanggal 22 mei 2024 dan Gelombang kedua dari 23 mei sampai tanggal 08 Juni 2024.

“Untuk persiapan keberangkatan yang telah di lakukan yaitu kegiatan manasik haji, yang mandiri, sudah berlangsung sebanyak 10 kali mulai di akhir September sampai Desember 2023 .Kemudian manasik dari Kementrian Agama Lahat / dari pemerintah sedang berjalan mulai tanggal 18 April s/d 29 April 2024 itu untuk manasik haji tingkat kecamatan . Manasik haji tingkat kabupaten akan di laksanakan tanggal 27 April dan tanggal 08 Mei 2024 “, katanya.

Untuk kecamatan di bagi tiga zona meliputi zona 1 di masjid Nurul Salam Perumnas 3 Kapling jumlah jamaah 95 orang , zona 2 di masjid Muhajirin di belakang Calista blok C jumlah jamaah 94 orang ,dan zona 3 di masjid Nur-Rohman jamaah 94 orang .

“Dengan materi tingkat kecamatan, jamaah haji di bekali mengenai pengetahuan tentang hak dan kewajiban jamaah haji, ihtikat dan akhlak jamah selama melaksanakan ibadah haji termasuk busana . Selanjutnya jamaah di bekali /di edukasi mengenai penyakit menular, pengolahan penyakit stress , pengolahan dehidrasi dan resiko juga edukasi kesehatan ramah lansia.
Selain itu jamaah haji di bekali pengertian haji, pengertian umroh, Syarat haji,rukun haji wajib haji dan umroh . Jama’ah juga di bekali dengan senam sehat haji “, ucapnya.

“Untuk para jamaah haji kabupaten Lahat di harapkan mempersiapkan diri secara maksimal baik materi perhajian dengan mengulang kembali pelajaran mengenai haji maupun menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, pola tidur teratur, olah raga . Dan yang tidak kalah penting persiapan perbekalan materi baik bagi jamaah haji dalam perjalanan dan keluarga yang di tinggalkan”, pesannya.

“Selanjutnya Rencana keberangkatan Embarkasi Palembang di bagi dua gelombang , gelombang pertama mulai tanggal 12 Mei s/d 22 mei 2024 , untuk gelombang kedua 23 mei s/d 03 Juni 2024 .
Untuk kloter Embarkasi Palembang ada 19 kloter meliputi gelombang satu 9 kloter , gelombang dua 10 kloter .untuk kabupaten Lahat petugas kloter dari kementrian agama yang mengiringi jamah H.Khairul saleh sebagai ketua kloter. Jadwal keberangkatan jamaah haji kabupaten lahat masih menunggu informasi dari kanwil provinsi Sumsel ,” kata H.Ujang .

“Di tahun 2024 ada kenaikan biaya keberangkatan haji . Tarif haji untuk tahun ini sejumlah 93. 410 .286 rupiah. dengan porsinya 60 di tanggung jamaah 40 persen BPKH (badan pengelola keuangan haji)
40 persen dana manfaat kemudian 60 persen di bayar para jamaah sejumlah
53.943.134 rupiah, dikurangi setor awal 25 juta di kurangi nilai manfaat Rp 1.769.760 rupiah jadi jamaah melunasi sebesar 27.173.374 rupiah”, ucapnya. (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater