Permudah Akses Angkut Hasil Bumi dan Kebun, Pemdes Gunung Agung Bangun Jalan Usaha Tani 

Selasa, 30-Mei-2023, 17:14


Lahatonline.com, Gunung Agung – Pemerintah Desa Gunung Agung, Kecamatan Merapi Barat, Sumatera Selatan, membangun jalan usaha tani (JUT) di seberang sungai Lematang arah perkebunan warga sepanjang 90 meter. Pembangunan yang berasal dari anggaran dana desa (DD) itu untuk mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Kepala Desa Gunung Agung Darussalam melalu sekretaris desa Deni Herwadi, mengatakan jalan usahan tani tersebut merupakan akses masyarakat sekitar khususnya yang berkebun di seberang sungai Lematang untuk mengangkut hasil bumi seperti pertanian dan perkebunan.

“Jalan usaha tani tersebut dibangun menggunakan anggaran dana desa tahap I tahun 2023 dimana tujuannya ialah untuk memperlancar akses angkut hasil bumi warga desa kami” ungkapnya saat pelaksanaan monitoring dan evaluasi dari kecamatan Merapi Barat, Selasa, 30/05/23.

Sekdes mengatakan, dengan dibangunnya jalan usaha tani tersebut diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat yang berkebun diwilayah tersebut dengan akses mudah mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

“Harapannya dengan akses jalan usahan tani yang mulus, hasil pertanian dan perkebunan akan lebih mudah diangkut, sehingga kedepan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat,”harapnya.

Sementara itu, Anton Akbar ketua Tim Monitoring dan evaluasi dari Kecamatan Merapi Barat mewakili camat mengungkapkan, pihaknya hari ini melakukan monitoring dan evaluasi dana desa tahap I tahun 2023 di desa Gunung Agung, selain cek administrasi, tim juga memantau atau mengecek langsung pembangunan jalan usaha tani yang telah dibangun oleh pemerintah desa Gunung Agung.

“Selain jalan usaha tani dan kelengkapan administrasi, kami juga melakukan pengecekan jembatan gantung, yang sekarang kita lihat bersama dalam pengerjaan pengecetan lantai jembatan gantung” kata Anton.

Anton berpesan, agar penggunaan dana desa agar tepat sasaran serta sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak dingginkan pada saat pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Lahat atau pihak-pihak terkait lainnya.

“Sudah kita cek, dan secara keseluruhan sudah cukup baik” tandasnya singkat.

Pantauan media ini, tampak babinsa, bhabinkamtibmas, BPD, Lembaga Adat serta pemuka agama juga turut turun kelapangan saat pengecekan tim monev kecamatan.

Dias

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater