TIGA DESA BLANKSPOT DI KABUPATEN LAHAT SEGERA BERDERING 

Minggu, 2-April-2023, 08:35


KIKIM SELATAN, PSEKSU – Tiga Menara seluler atau Base Transceiver Stasion (BTS) Mini telah dibangun di Kabupaten Lahat khususnya di desa yang blank spot. Pembangunan BTS Mini ini dilakukan oleh PT. Cybergt Teknologi Indonesia Vendor Peralatan telekomunikasi dan jaringan internet yang merupakan mitra kerja dari Balai Penyedia Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).
Direktur PT. PT. Cybergt Teknologi Indonesia Pirdaus mengungkapkan, ketiga BTS yang sudah dibangun tersebar di tiga desa yakni Desa Lubuk Tuba, Kecamatan Pseksu, Desa Karang Cahya dan desa Pagardin, diKecamatan Kikim Selatan.
“Dari ketiga desa tersebut, untuk Desa Lubuk Tuba saat ini sudah tahap penyelesaian, dan sudah mulai uji coba tahapan testing dan comisioning,” kata Pirdaus’
Dikatakan, Tinggi menara BTS tersebut hanya 36 meter dengan jangkauan jaringannya 2 kilometer, namun tidak menutup kemungkinan, jika BTS mini tersebut berada di desa yang tidak terdapat gunung, maka jangkauannya bisa 4 sampai dengan 5 kilometer dan untuk jaringannya sendiri sudah mengunakan teknologi 2G dan 4G+ bekerja pada band 3 frekwensi 1800 Mhz yang dikenal handal dan mempunyai kecepatan internet cepat dan stabil saat ini .
Untuk Progres pembangunannya sendiri, kata Pirdaus , rencananya akan terselesaikan 100% pada tanggal 12 April 2023, yang kemudian setelah semuanya memalui uji coba tahapan testing dan comisioning telah selesai, dilanjutkan dengan pengaktifan jaringan secara permanen sebelum lebaran idul Fitri. Namun untuk pasti tanggal berapa saat ini belum bisa dipastikan, namun katanya pada waktu dekat ini segera akan diaktifkan permanen.
Kepala Desa Karang Cahaya Ika Dayan didampingi kepala desa Pagardin Herman, mengungkapkan bahwa adanya lokasi BTS Mini di dua desa tersebut, adalah sebagai realisasi atas permintaan masyarakat desa memalui musyawara desa pada Desember 2022 lalau.
Pembangunan ini dilakukan setelah dilakukan proses lelang pengadaan barang dan jasa oleh Tim Pengelolah Kegiatan (TPK), kemudian di tunjuklah pemenang lelang PT. Cybergt Teknologi Indonesia sebagai Vendor pelaksana proyek BTS mini ini, kemudian Pemerintah Desa memberikan hibah tanah dari desa untuk tempat pembangunan BTS mini, kata Herman Kepala desa Pagardin yang di aminkan oleh Ika Dayan Kepala desa Karang Cahaya saat ditemui wartawan di lokasi Proyek Minggu, 2/2023.
Pembangunan ini merupakan wujud kepedulian kami mengakomudir kebutuhan warga masyarakat akan adanya sinyal telepon dan internernet yang saat ini sanggat dibutuhkan.
“Dengan diaktifkannya jaringan tersebut, semoga dapat dijaga dan digunakan dengan sebaik mungkin,” Ika Dayan dan Herman kepala desa Karang Cahaya dan kepala desa Pagardin. (Doc CTB Teknologi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Minggu, 17-Maret-2024 - 17:21

YM VS HCU Mulai Perang Spanduk. 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater